Perlengkapan Rumah Tangga

10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik

Sanofi IA x PickyBest

Berniat mengganti cat tembok rumah yang sudah kusam? Atau sedang menimbang cat macam apa yang cocok diaplikasikan di hunian baru Anda? Jika demikian, jangan sekali-kali gegabah dan langsung membeli cat tembok tanpa mengetahui cara menyeleksinya dengan benar. Lebih baik ikuti dulu pembahasan mengenai cara memilih cat tembok terbaik di artikel ini.

Dulux, Jotun, dan Nippon Paint adalah sedikit produsen cat tembok yang beredar di pasaran. Agar tahu harus pilih yang mana, ikuti pembahasan kami di artikel ini. Selain itu, kami juga telah memilihkan sepuluh cat tembok terbaik supaya Anda tidak usah repot mencari lagi. Selamat membaca, ya!

Cara Memilih Cat Tembok

Memilih warna cat tembok tidak sesederhana kedengarannya. Perlu mempertimbangkan pengaruh cahaya terhadap persepsinya di mata dan skemanya. Selain itu, masih ada pula faktor lainnya yang juga tak kalah penting, seperti hasil akhir (finishing) cat dan kualitasnya.

Pahami dulu Perbedaan Cat untuk Interior dan Eksterior

Salah besar kalau Anda menganggap cat interior dan eksterios sama saja. Faktanya, keduanya memiliki perbedaan mendasar yang signifikan. Hal ini menyebabkan aplikasi keduanya tidak dapat ditukar, kecuali catnya memang dapat dipakai pada interior maupun eksterior.

Kandungan utama cat adalah solven (zat mempertahankan wujud cair cat), pigmen (partikel pemberi warna), resin (zat pengikat partikel pigmen), dan aditif (zat tambahan yang memberi properti tertentu). Dari keempat zat ini, yang berbeda karakteristiknya antara cat interior dengan eksterior adalah resin dan aditif.

Pada cat eksterior, resin cat memiliki karakteristik lembut supaya lebih fleksibel. Membuat permukaan cat tidak rusak dan tetap terlihat cemerlang, meskipun mengembang dan mengerut akibat perubahan temperatur dan paparan air. Ditambah lagi zat aditif yang memberi properti antijamur dan antipudar agar lebih tahan lama.

Sebaliknya, resin di cat interior bersifat kaku karena tidak terpapar ancaman khas luar ruangan tadi. Ancaman untuk cat interior adalah risiko lecet akibat terbentur furnitur atau benda lainnya, serta bekas coretan jika di rumah ada anak kecil. Dengan resin yang kaku, permukaan cat lebih kuat terhadap benturan, pun rapat terhadap kontaminasi zat asing sehingga coretan di dinding mudah dibersihkan.

Seperti telah disinggung, solven adalah zat yang mempertahankan wujud cair cat. Ketika cat diaplikasikan ke tembok, solven perlahan-lahan menguap agar catnya bisa mengering. Solven yang menguap ini disebut volatile organic compound (VOC).

Zat ini dapat menjadi racun jika terhirup manusia dalam rentang waktu yang lama. Kandungan VOC ini cukup tinggi pada cat eksterior. Setelah diaplikasikan, perlu waktu sekitar 48 jam sampai VOC-nya menguap semua. Bahkan, pada beberapa cat VOC-nya dapat menguap terus menerus, sekalipun catnya sudah kering. Inilah sebabnya mengapa Anda tak boleh mengaplikasikan cat eksterior di dalam rumah.

Di sisi lain, cat interior memiliki kandungan VOC yang rendah atau malah tidak sama sekali. Sehingga aman untuk pernapasan anggota keluarga. Sebab itu, jangan sekali-kali menukar pengaplikasian kedua cat ini. Alternatifnya, jika mau praktis Anda dapat memilih cat yang bisa digunakan untuk interior dan eksterior.

Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Warna

Kini saatnya membahas aspek paling menyenangkan dari proses memilih cat: warna. Yang Anda cari adalah cat dengan kecermelangan warna yang tahan lama. Jangan terburu-buru memilih sembarang cat dari warna favorit tanpa mempertimbangkan aspek detail dari warna itu sendiri. Untuk itu, berikut kami bahas lebih jauh hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih warna.

Pahami Bagaimana Cahaya Memengaruhi Persepsi Terhadap Warna dengan Mengetes Sampel Cat di Tembok

Jika Anda pernah mengecat ruangan rumah dengan warna gelap seperti biru tua, Anda mungkin dibuat heran dengan warnanya yang seolah berubah jadi hitam saat cuaca sedang tak cerah. Hal seperti ini diakibatkan persepsi manusia terhadap warna yang terpengaruh oleh cahaya. Warna yang kita aplikasikan dinding akan terlihat berbeda di jam-jam tertentu ketika intensitas cahayanya berbeda pula.

Kegagalan mempertimbangkan pengaruh cahaya terhadap warna yang diaplikasikan membuat orang sering tak puas ketika warnanya berubah di jam-jam berbeda. Yakni saat warnaya jadi terlalu gelap atau terlalu terang dari yang direncanakan. Untuk menghindari penyesalan pasca pengecatan, Anda perlu mengantisipasi cahaya natural dan artifisial di sekitar hunian.

Cahaya natural adalah cahaya matahari. Untuk menentukan warna cat eksterior yang pas, Anda dapat mengaplikasikan sampel cat warna yang Anda inginkan di salah satu permukaan dinding luar.

Perhatikan bagaimana warnanya terlihat pada jam-jam berbeda. Baik saat siang ketika matahari sedang terang-terangnya, maupun di sore dan malam hari ketika cahaya natural melemah dan tergantikan oleh cahaya artifisial dari lampu. Pastikan Anda menyukai semua “perubahan” warna yang terjadi.

Sementara itu, untuk interior Anda dapat mengaplikasikan cat ke papan tes, lalu meletakannya di ruangan rumah yang mau dicat. Sama seperti sebelumnya, Anda perlu mengamati warnanya di jam-jam berbeda. Khususnya saat terpapar lampu.

Putuskan apakah Anda menyukai warna tersebut di semua waktu atau tidak. Jika tidak, maka coba shades lain dari warna yang sama. Umumnya, warna cat dalam ruangan akan terlihat lebih gelap dari aslinya. Sebab itu, Anda bisa mulai dari shade yang lebih terang.

Tentukan Skema Warna yang Cocok

Kebanyakan orang merasa puas mengecat tembok rumah dengan satu warna natural seperti putih atau krem. Alhasil, tiap rumah terlihat serupa tanpa identitas yang membedakan, terutama di kompleks perumahan. Padahal, arsitektur yang sama bukan berarti kita tidak dapat menyuntikkan identitas unik pada rumah kita. Hal ini dapat dilakukan dengan mengaplikasikan cat mengikuti skema warna tertentu.

Skema warna adalah kombinasi warna yang dipilih secara artistik dengan tujuan membangun estetika tertentu. Dalam teori warna, skema warna erat kaitannya dengan roda atau lingkaran warna (Anda dapat lihat gambarnya di internet). Skema warna berasal dari pencocokan warna yang dipetakan dalam roda warna tersebut.

Misalnya, pada skema paling sederhana yakni komplementer, diambil dua warna yang berlawanan lurus di roda warna. Contohnya hijau dengan merah, ungu dengan kuning, dan biru dengan oranye. Sementara itu ada pula yang melibatkan sampai empat warna yang terdiri dari dua warna komplementer, yaitu skema tetradik. Lebih lengkapnya, Anda dapat mencari pembahasannya di internet.

Untuk eksterior, idealnya terdapat tiga kombinasi warna. Terdiri dari warna dominan yang mencakup seluruh tembok, warna aksen pada pintu dan bagian lain, serta satu warna lagi untuk lis dan kusen. Selain itu, shade warna yang digunakan biasanya cenderung warm.

Di sisi lain, ketika menentukan skema warna interior Anda perlu mempertimbangkan furnitur ruangan dan mood yang ingin Anda buat.

Anda dapat memulainya dengan menentukan warna fokus yang diambil dari warna salah satu furnitur paling dominan di ruangan. Misalnya kursi atau sofa. Lantas pilih warna yang sama dengan shade berbeda. Kalau shade di furnitur lebih gelap, pilih yang lebih terang untuk tembok. Begitupun sebaliknya.

Sambil mengacu pada warna furnitur, tentukan kemungkinan skema warna yang dapat dipakai dengan melihat roda warna. Dengan metode ini, Anda dapat dengan mudah menemukan kombinasi warna terbaik yang normalnya tidak akan kepikiran!

Mintalah Sampel Cat agar Lebih Jelas

Seperti telah dibahas pada subpoin sebelumnya, cara terbaik untuk melihat warna cat pilihan Anda adalah dengan mengoleskan sampel cat ke dinding. Hal ini perlu dilakukan supaya Anda dapat mengamati warnanya pada jam-jam berbeda, yang kemudian membuat catnya terlihat berbeda pula.

Lantas bagaimana caranya mendapatkan sampel cat? Mudah saja, Anda dapat mendatangi toko cat terdekat. Selain itu, dapat pula menghubungi produsennya langsung agar dikirimi sampel. Pemberian sampel ini ada yang gratis dan ada juga yang perlu membayar. Tapi sekalipun bayar tak akan mahal, kok.

Sebagai alternatif jika Anda tak bisa menemukan sampel, Anda dapat membeli kemasan kecil cat yang mau Anda coba. Semua cat yang beredar di pasaran umumnya memiliki kemasan terkecil yang berisi 1 atau 2,5 liter. Harganya bervariasi dari produk ke produk. Intinya, hindari membeli cat dalam jumlah banyak sekaligus tanpa tahu seperti apa warnanya setelah diaplikasikan.

Jangan Takut Berkreasi dengan Warna

Hal yang sering membunuh kreatifitas banyak orang dalam mengombinasikan warna cat tembok rumah adalah kekhawatiran bila hasil akhirnya ternyata tak sesuai harapan. Walaupun hal ini beralasan, jika Anda mengikuti metode yang tepat—seperti yang telah kami jabarkan di atas—mestinya risiko ini tidak akan terjadi.

Maka itu, jangan takut berkreasi dengan warna-warna kuat seperti biru, hijau, dan sejenisnya. Pasalnya, warna-warna macam inilah yang lebih tren pada desain eksterior maupun interior rumah modern. Bukan berarti warna-warna aman seperti putih dan krem mesti Anda hindari. Justru, warna-warna ini dapat Anda kreasikan dengan warna lain untuk menghasilkan skema yang unik dan segar.

Kalau belum punya ide, Anda dapat mencari inspirasi di internet, seperti pada situs Pinterest. Anda juga dapat membeli majalah atau katalog yang memuat tren warna cat rumah terbaru. Sebagai alternatif, kalau biaya bukan masalah untuk Anda, Anda juga dapat memakai jasa konsultan desain.

Sesuaikan Tipe Finishing dengan Tembok yang Dicat

Setelah beres menentukan warna, selanjutnya Anda perlu menentukan tipe finishing atau hasil akhir cat. Jenis finishing memengaruhi penampilan dan tekstur cat setelah diaplikasikan. Pada dasarnya ada empat jenis finishing yang makin ke belakang makin mengkilap: flat, eggshell, satin, dan glossy. Perlu diingat, semakin mengkilap catnya maka makin baik juga ketahanannya.

Flat: Untuk Tembok Ruangan yang Jarang Disentuh Anak-anak

Cat flat atau sering juga disebut matte memiliki pigmen yang lebih banyak. Sifatnya yang nonreflektif terhadap cahaya membuat tekstur dinding yang tidak rata tersembunyi. Harga cat ini umumnya juga lebih murah.

Sayangnya, cat ini cukup susah dibersihkan seandainya dicorat-coret oleh anak-anak. Sebab itu, cat ini lebih cocok untuk ruangan yang tak tersentuh anak-anak seperti kamar tidur orang dewasa, ruang kerja, dan sejenisnya.

Eggshell: Untuk Tembok Kebanyakan Ruangan

Seperti namanya, eggshell memiliki warna yang lembut seperti telur. SIfatnya yang sedikit reflektif tanpa membuatnya jadi mengkilap, menjadikan cat ini pas digunakan pada kebanyakan tembok di rumah. Tidak seperti flat, eggshell juga gampang dibersihkan. Gunakan cat ini pada ruangan seperti ruang keluarga, ruang makan, dan sejenisnya.

Satin: Seperti Eggshell, Tapi Lebih Kuat

Satin memiliki tekstur yang sama seperti eggshell, namun lebih reflektif terhadap cahaya. Seperti telah disebutkan, maka ketahanannya pun lebih tinggi. Hasilnya, tembok mudah dibersihkan. Pas sekali untuk ruangan di mana semua anggota keluarga berkumpul, termasuk anak-anak.

Semi-gloss: Untuk Ruangan yang Temboknya Sering Terkena Noda

Dibanding satin, semi-gloss mengeluarkan kilap lebih banyak. Alhasil, tembok yang dicat pakai cat ini sangat mudah dibersihkan. Cocok untuk ruangan yang sering terkena noda seperti dapur, kamar mandi, dan sejenisnya. Anda juga dapat menggunakannya untuk langit-langit ruangan karena sifatnya yang memantulkan cahaya lebih banyak membuat ruangan terasa lebih besar pula.

High-gloss: Untuk Menambah Aksen pada Ruangan

Karena sangat reflektif, cat high-gloss kurang terlihat bagus diaplikasikan ke tembok. Sebaliknya, cat ini lebih pas digunakan untuk menambah aksen di interior ataupun eksterior dengan mengaplikasikannya pada lis, kusen, dan pintu. Sifatnya yang sangat kuat dan mudah dibersihkan pun memudahkan Anda dalam merawat penampilan rumah dalam jangka waktu panjang.

Pastikan Membeli Merek Cat yang Berkualitas

Kualitas merek cat sangatlah penting untuk dipertimbangkan. Apalagi untuk cat yang tentu Anda harapkan untuk bertahan dalam waktu lama. Kalau selama ini cat rumah Anda sudah terlihat kusam, atau bahkan terkelupas di satu atau dua tahun pertamanya, maka Anda perlu ganti merek cat.

Pasalnya, cat yang berkualitas dapat bertahan mestinya bertahan 10 sampai 15 tahun untuk interior, dan 5 sampai 10 tahun untuk eksterior.

Selain itu, Anda sebenarnya tidak menghemat uang segitu banyak dengan membeli cat murah. Sebab, Anda harus membelinya dalam jumlah lebih banyak karena cat ini memiliki pigmen lebih sedikit. Alhasil, Anda perlu mengaplikasikan lebih banyak lapisan. Berbanding terbaik, cat yang berkualitas tidak perlu diaplikasikan berlapis-lapis karena memiliki banyak pigmen. Jumlah cat yang Anda butuhkan jadi lebih sedikit.

10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik

Mudah-mudahan Anda dapat memahami penjabaran kami di atas, ya. Kalau begitu, mari lanjut ke bagian ini di mana kami mengumpulkan sepuluh cat tembok terbaik yang dapat kami temukan di pasaran saat ini.

1. No Drop Cat Pelapis Tembok Anti Bocor

Sumber: Avianbrands.com

Perlindungan ekstra untuk tembok eksterior

Beri perlindungan ekstra pada tembok luar Anda dengan No Drop. Sifatnya yang elastis dan kedap air menjadikannya awet meski musim berganti. Takkan lagi ada air merembes dari dinding. Hasil akhirnya yang semigloss juga menjadikan perawatannya gampang. Hasilnya, rumah Anda akan selalu terlihat segar, dan tak usah dicat ulang tiap kali lebaran!

Jenis Interior dan eksterior
Hasil akhir Semigloss
Ukuran 1 liter
Kisaran harga Rp52.000

2. Dulux Catylac Interior Glow

Sumber: Dulux.co.id

Cocok untuk diaplikasikan di dapur

Kalau Anda orang yang suka memasak, atau punya rumah makan, cat bagian dapurnya dengan Dulux Catylac satu ini. Tak ada lagi noda hitam membekas akibat terjilat api. Kalaupun ada bahan makanan yang tumpah, tidak perlu khawatir bekasnya akan menempel sebab tinggal dibersihkan saja. Dengan dapur yang cemerlang, mood Anda untuk memasak pun jadi lebih tinggi!

Jenis Interior
Hasil akhir Semigloss
Ukuran 2,5 liter
Kisaran harga Rp126.000

3. Dulux Ambiance Diamond Glo

Sumber: Tokopedia.com

Kualitas premium dan rendah VOC

Buat tamu yang berkunjung ke rumah Anda berdecak kagum dengan cat interior yang menghadirkan kesan mewah ini. Permukaan yang dihasilkan sangat mulus sehingga mudah dibersihkan. Menariknya lagi, Dulux Ambiance memiliki kandungan VOC rendah. Alhasil, tidak menguapkan zat yang membahayakan kesehatan anggota keluarga di rumah.

Jenis Interior
Hasil akhir Tidak disebutkan
Ukuran 2,5 liter
Kisaran harga Rp194.000

4. Jotun Majestic True Beauty Matt

Sumber: Tokopedia.com

Formula unik yang antibakteri dan jamur

Kalau tak banyak anak kecil di rumah Anda, cukuplah pakai cat matte seperti Jotun Majestic ini. Meski hasil akhirnya matte, cat ini tetap terlihat cemerlang dan mewah di tembok. Cat ini juga terbilang aman karena memiliki tingkat VOC yang rendah. Didukung pula oleh sifat yang antibakteri dan jamur. Perawatannya pun mudah karena kotoran dan debu dapat disingkirkan tanpa mengurangi kekayaan warnanya.

Jenis Interior
Hasil akhir Matte
Ukuran 2,5 liter
Kisaran harga Rp149.000

5. Jotun Jotashield Colour Extreme

Sumber: Tokopedia.com

Warna cat diklaim mampu bertahan hingga 12 tahun

Cat tembok rumah tidak semestinya harus diganti setahun sekali—kecuali memang Anda sengaja padahal catnya masih bagus. Cuaca tropis Indonesia yang keras memang menuntut Anda untuk mengaplikasikan cat kualitas terbaik. Jotun merancang produknya yang satu ini untuk memenuhi tuntunan tersebut.

Melalui pengujian pada laboratorium eksternal mereka, Jotun memastikan produk ini tahan dari paparan sinar UV berkepanjangan. Resistansinya terhadap debu dan jamur juga sangat unggul. Alhasil, wajar saja jika warna cat ini diklaim dapat bertahan hingga 12 tahun!

Jenis Eksterior
Hasil akhir Tidak disebutkan
Ukuran 2,5 liter
Kisaran harga Rp295.000

6. Mowilex Emulsion VIP

Sumber: Mowilex.com

Memiliki warna putih cemerlang yang menimbulkan kesan mewah

Bila skema warna yang ingin Anda terapkan melibatkan warna putih, maka cat Mowilex ini layak Anda pakai. Warna putih cat ini sangat cemerlang, tak terlihat pucat dan datar. Setelah diaplikasikan, ia akan memberi sensasi menenangkan sekaligus mewah. Karena warnanya putih, kotoran yang menempel di tembok tentu akan sangat mengganggu. Untuk itu, Mowilex juga memastikan catnya ini mudah dibersihkan.

Jenis Interior
Hasil akhir Matte
Ukuran 2,5 liter
Kisaran harga Rp156.000

7. Propan Decorlotus Cat Tembok DLI-480

Sumber: Propanraya.com

Dapat digunakan di dalam dan luar ruangan dengan sama baiknya

Daripada membeli dua produk cat berbeda untuk interior dan eksterior, lebih baik pakai cat yang bisa dua-duanya. Propan Decorlotus dapat digunakan di interior maupun eksterior dan bekerja sama baiknya. Di dalam ruangan, anggota keluarga tetap aman berkat kadar VOC yang rendah dan aroma yang minim. Sedangkan di luar ruangan, catnya kedap air, tahan alkali, serta antijamur.

Jenis Interior dan eksterior
Hasil akhir Matte
Ukuran 2,5 liter
Kisaran harga Rp165.000

8. Nippon Paint Vinilex

Sumber: Tokopedia.com

Tahan disikat hingga 1.200 kali

Sama seperti produk sebelumnya, seri Vinilex dari Nippon Paint ini juga bisa digunakan sebagai cat interior maupun eksterior. Daya tahan dan daya tutupnya juga baik. Menghasilkan permukaan yang tahan air dan mudah dibersihkan. Anda juga tak perlu khawatir catnya pudar atau mengelupas akibat terlalu sering dibersihkan. Sebab, Nippon Paint mengklaimn produknya ini tahan disikat hingga 1.200 kali.

Jenis Interior dan eksterior
Hasil akhir Matt
Ukuran 1 liter
Kisaran harga Rp41.000

9. Nippon Paint Elastex Waterproof 3-in-1

Sumber: Tokopedia.com

Memberi proteksi tambahan pada tembok supaya tahan bocor

Nippon Paint Elastex adalah cat pelapis antibocor. Berfungsi melindungi tembok dari rembesan air. Meskipun dapat digunakan pada interior, cat ini lebih ideal lagi jika dipakai pada tembok luar. Selain menahan bocor, mampu pula menutup retak rambut. Di samping itu, produk dari Nippon Paint ini juga bisa digunakan sevagai cat dasar yang hanya perlu dilapis dua kali.

Jenis Interior dan eksterior
Hasil akhir Semigloss
Ukuran 1 liter
Kisaran harga Rp67.000

10. Aquaproof Cat Pelapis Anti Bocor

Sumber: Aquaproof.co.id

Cat antibocor dari merek yang sama-sama kita sukai

Anda tentu sudah kenal dengan merek cat Aquaproof dari iklan ikoniknya yang sering tayang di televisi. Dengan bahan dasar polimer sintetisnya yang unik, merek ini menghasilkan cat yang sangat kuat. Terlihat dari bagaimana wujudnya yang kental dan tidak menetes saat diaplikasikan. Begitu kering, cat akan melekat kuat dengan tembok. Menghasilkan permukaan yang antiretak, antileleh, dan kedap air.

Jenis Eksterior
Hasil akhir Tidak disebutkan
Ukuran 2,5 liter
Kisaran harga Rp155.000

Tabel Perbandingan Cat Tembok

Kesimpulan

Sudah siap berkreasi dengan cat baru Anda? Kalau masih ada hal yang belum Anda pahami, silakan baca kembali pembahasan cara memilih kami. Yang mencakup hal-hal yang penting diperhatikan dalam memilih warna, penyesuaian hasil akhir dengan tembok yang dicat, serta kualitas catnya itu sendiri.

Kalau Anda belum punya ide warna cat, jelajahilah internet dan majalah desain rumah untuk mencari inspirasi. Setelah itu, pastikan hanya membeli cat dari merek-merek berkualitas. Hindari membeli cat tembok eceran yang mereknya tak jelas, ya. Semoga Anda menyukai warna cat baru hunian Anda!

Sanofi IA x PickyBest
Referensi

What Is The Difference Between Interior And Exterior Paint?
https://www.drawingthehouse.com/difference-between-interior-and-exterior-paint/ diakses pada 16 April 2021

How to Pick Paint Colors for Interior Rooms
https://www.thisoldhouse.com/painting/21015206/how-to-choose-the-right-colors-for-your-rooms diakses pada 16 April 2021

7 Mistakes Everyone Makes When Picking Paint Colors
https://www.realsimple.com/home-organizing/home-improvement/painting/paint-color-mistakes diakses pada 16 April 2021

How Lighting Affects Your Home’s Paint Color (and therefore how you perceive your home)
https://www.lights.com/how-light-affects-paint-color diakses pada 16 April 2021

What to Know About Paint Color Samples
https://www.thespruce.com/paint-color-samples-1821144 diakses pada 16 April 2021

A Paint Expert’s Simple Guide to Choosing the Right Paint Finish
https://www.housebeautiful.com/home-remodeling/interior-designers/a26623589/types-of-paint-finishes/ diakses pada 16 April 2021

Low-Quality vs. High-Quality Paints: Why Paint Quality Matters for Your Home
https://www.sharperimpressionspainting.com/recent-projects/low-quality-vs-high-quality-paints-why-paint-quality-matters diakses pada 16 April 2021

Tips for Choosing Interior Paint Colors
https://www.thespruce.com/choosing-interior-paint-colors-4011484 diakses pada 16 April 2021

Originally posted 2021-12-20 10:37:24.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *