Face oil adalah salah satu produk perawatan wajah berupa minyak dengan tekstur kental yang terbuat dari lemak esensial dan ekstrak tumbuhan. Kaya akan nutrisi, face oil memberi banyak manfaat untuk kulit Anda, di antaranya menjaga kelembapan kulit, mengobati bekas luka, hingga anti-aging.

Di artikel ini kami akan memberikan informasi seputar face oil dan cara memilih serta cara menggunakan face oil yang benar. Tidak ketinggalan, face oil terbaik dari The Body Shop, Bio Beauty Lab, Everpure, dan lainnya juga kami rekomendasikan untuk Anda. Selamat menyimak!

Mengapa Perlu Menggunakan Face Oil?

Kulit memproduksi minyak dan lipid secara alami yang dapat menjaga kadar air di kulit, sehingga kulit tetap terhidrasi dan elastis. Meski demikian, terkadang kulit tetap membutuhkan ekstra perlindungan dan perawatan. Untuk itu, penggunaan face oil dapat membantu memperkuat lapisan kulit teratas, mengontrol minyak di kulit, dan mengobati masalah kulit.

Mengandung berbagai minyak nabati, face oil memiliki banyak manfaat, seperti membantu menjaga keseimbangan kulit, mengunci kelembapan dan menambah nutrisi pada kulit, meningkatkan kesehatan kulit dan membuatnya lebih bersih dan bersinar, membantu pengaplikasian foundation menjadi lebih mudah, serta membantu penyerapan produk perawatan kulit lainnya.

Perbedaan Face Oil dan Face Serum

Jika Anda sedang mempertimbangkan antara face oil atau face serum, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu perbedaan kedua produk tersebut. Secara umum, perbedaan di antara face oil dan face serum bisa dilihat dari tekstur dan fungsinya.

Face oil memiliki tekstur yang kental dan jumlah molekul yang lebih besar, sehingga dapat memberikan lebih banyak nutrisi dan hidrasi ke kulit. Selain itu, face oil juga dapat memperkuat pertahanan kulit namun hanya dapat menembus lapisan kulit terluar. Biasanya face oil diterapkan sebagai langkah terakhir dari rangkaian perawatan kulit dan bisa dijadikan sebagai pelembap.

Sedangkan face serum memiliki tekstur yang lebih ringan dan molekul yang lebih kecil, sehingga lebih cepat menyerap ke dalam kulit dan memberikan nutrisi hingga ke lapisan kulit terdalam. Serum wajah dapat membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari berbagai masalah kulit, seperti jerawat, hiperpigmentasi, dan tanda-tanda penuaan.

Cara Memilih Face Oil

Agar memberikan hasil yang efektif, Anda perlu memilih face oil berdasarkan tipe kulit Anda dan metode pengolahan produknya. Simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

Pilih Berdasarkan Tipe Kulit Anda

Hal yang paling penting dalam memilih face oil adalah memilih berdasarkan tipe kulit Anda. Sebab, masing-masing tipe kulit membutuhkan perawatan yang berbeda. Yuk, simak uraian lengkapnya!

Kulit Normal: Hindari Penggunaan Minyak yang Terlalu Berat

Kulit normal artinya kulit yang memiliki kadar air dan minyak yang seimbang, tidak berminyak dan tidak kering. Namun demikian, kulit tetap membutuhkan perawatan dan perlindungan.

Bila Anda memiliki kulit normal, Anda dapat mencampur face oil dengan pelembap sebelum diaplikasikan ke wajah. Namun, hindari penggunaan minyak yang terlalu berat. Face oil yang bisa Anda pilih adalah minyak squalane, jojoba, dan marula.

Kulit Berminyak: Pilih Kandungan Minyak yang Dapat Menyeimbangkan Kulit

Kulit berminyak tetap memerlukan minyak agar kulit tetap seimbang dan sehat. Gunakan minyak dengan konsentrasi ringan untuk mencegah sebum berlebih, serta menyeimbangkan kadar minyak dan air di kulit. Anda dapat memilih face oil dari bahan minyak jojoba, biji anggur, tea tree, squalane, dan marula.

Kulit Kering: Pilih yang Mengandung Minyak Omega dan Asam Lemak Esensial

Kulit kering mengalami kekurangan minyak, karena produksi sebum yang berkurang seiring dengan pertambahan usia. Jenis kulit ini membutuhkan face oil yang dapat menenangkan dan merevitalisasi kulit dengan kandungan vitamin, minyak omega, dan asam lemak esensial. Untuk melembapkan dan menyegarkan kulit yang kering dan kusam, Anda dapat menggunakan minyak chia, marula, dan hyaluronic acid.

Kulit Kombinasi: Pilihlah Kandungan Minyak yang Kaya Antioksidan

Jenis kulit ini adalah kombinasi antara berminyak dan kering pada waktu dan area tertentu. Oleh sebab itu, kulit kombinasi membutuhkan hidrasi yang seimbang.

Jika kulit Anda kombinasi, pilihlah face oil dengan konsentrasi yang tidak terlalu berat, memiliki sifat antibakteri, dan kaya antioksidan, seperti minyak argan, camellia, dan marula. Anda pun dapat menggunakannya bersama dengan pelembap yang ringan.

Kulit Berjerawat: Pilih Minyak yang Kandungannya Ringan dan Mampu Membunuh Bakteri

Kulit mudah berjerawat terjadi karena kelenjar minyak di kulit yang terlalu aktif, sehingga membuat rasio minyak dan airnya tidak seimbang. Untuk merawat kulit berjerawat, Anda membutuhkan face oil yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan noda pada wajah, serta menghindari peradangan. Pilih face oil dengan minyak yang ringan, seperti jojoba, squalane, and tea tree oils adalah pilihan ideal untuk Anda.

Kulit Sensitif: Pilih Kandungan Minyak yang Mampu Menenangkan Kulit

Kulit yang reaktif terhadap perubahan kecil atau bahan tertentu disebut dengan kulit sensitif. Bila Anda berkulit sensitif, sebaiknya Anda memilih face oil dengan formula yang ringan dan nonkomedogenik, juga yang mengandung antioksidan dan asam lemak oleat untuk melindungi dan menenangkan kulit. Face oil yang terbaik untuk kulit sensitif adalah primrose oil dan camellia.

Ketahuilah Metode Pengolahan Produk

Metode pembuatan minyak esensial dalam face oil ada dua macam, yaitu dengan cara distilasi dan cold pressed. Dalam prosesnya, metode distilasi menggunakan panas, seperti melakukan penyulingan untuk mendapatkan aroma yang tajam dari sejenis buah. Sayangnya, hal itu bisa mengurangi bagian penting tanaman tersebut. Keuntungannya, produk olahannya dijual dengan harga yang lebih ekonomis.

Di lain pihak, metode cold pressed menjalankan proses yang lebih kompleks. Tanpa menggunakan panas di seluruh prosesnya, minyak cold pressed dipisahkan mulai dari tanaman, penggilingan, pengikisan, dan pengepresan. Cara tersebut menghasilkan aroma kesegaran yang lembut dan halus, namun harganya relatif mahal.

10 Rekomendasi Face Oil Terbaik

Jika Anda sudah paham tentang face oil dan bagaimana cara memilihnya, sekarang waktunya memilih produk yang cocok untuk Anda. Di sini kami berikan sepuluh rekomendasi face oil berkualitas agar Anda lebih mudah memilih. Selamat berbelanja!

1. The Body Shop Tea Tree Oil

Sumber: Thebodyshop.co.id

Diperkaya dengan tea tree oil antibakteri untuk wajah bebas jerawat

Face oil buatan The Body Shop ini dibuat dengan konsentrat tea tree oil dari Kenya untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Mengandung antibakteri, Tea Tree Oil ampuh untuk mengurangi, mengecilkan, mengeringkan, hingga menghilangkan jerawat. Anda akan mendapatkan kulit yang tampak lebih bersih dan segar setelah menggunakannya.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cukup ampuh dalam mengempeskan dan mengeringkan jerawat.
  • Tersedia dalam ukuran yang lebih besar.
  • Produk memberikan sensasi dingin dan segar ke kulit wajah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harga yang relatif lebih mahal.
Kandungan utama Tree tea oil
Klaim Kulit berjerawat
Metode pengolahan Tidak disebutkan
Ukuran 10 mL
Kisaran harga Rp129.000

2. Bio Beauty Lab Luxurious Facial Oil

Sumber: Shopee.co.id

Berbahan organik yang aman dan multifungsi

Mengandung bahan alami dan organik, Bio Beauty Lab Luxurious Facial Oil dibuat untuk semua jenis kulit. Produk ini juga aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung pewangi buatan dan paraben.

Selain menghidrasi, melembutkan, dan mencerahkan kulit, produk ini juga berfungsi sebagai anti-aging, yang dapat mengurangi noda bekas jerawat serta menyamarkan dark spot yang muncul seiring dengan bertambahnya usia.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Telah terdaftar di BPOM.
  • Tersedia dalam tiga ukuran kemasan.
  • Tidak berbau (aroma netral).

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harga relatif lebih mahal.
Kandungan utama Squalane oil, evening primrose oil, rosehip seed oil, sweet almond oil, vitamin E, geranium essential oil, frankincense essential oil, lemon essential oil
Klaim Semua jenis kulit
Metode pengolahan Tidak disebutkan
Ukuran 10 mL
Kisaran harga Rp171.600

3. SOMETHINC Bakuchiol Skinpair Oil Serum

Sumber: Somethinc.com

Merangsang produksi kolagen pada semua jenis kulit

Produk yang satu ini merupakan serum wajah yang mengandung bahan natural dan vegan. Karena itulah, SOMETHINC Bakuchiol Skinpair Oil Serum dapat digunakan oleh remaja dan juga ibu hamil.

Serum ini memiliki sejumlah kandungan yang mampu mengurangi jerawat dan memperbaiki tekstur kulit dengan cara menstimulasi pembentukan kolagen. Semua jenis kulit dapat menggunakan produk ini, termasuk juga kulit berminyak.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersertifikasi BPOM, halal, dan non-comedogenic
  • Dapat digunakan oleh remaja dan ibu hamil.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sedikit lebih lama menyerap ke dalam kulit.
Kandungan utama Helianthus annuus seed oil, bakuchiol, sunflower seed oil, pyrus malus (apple) seed oil, calophyllum inophyllum seed oil, salicylic acid, tocopherol/ vitamin E
Klaim Semua jenis kulit
Metode pengolahan Tidak disebutkan
Ukuran 20 mL
Kisaran harga Rp89.000

4. HAPLE Almond Oil

Sumber: Shopee.co.id

100% minyak almond murni untuk melembapkan kulit, rambut, dan bibir

Anda punya luka bekas jerawat atau mulai mengalami tanda-tanda penuaan? HAPLE Almond Oil adalah solusi untuk mengatasi masalah tersebut, karena dapat menyembuhkan luka lebih cepat serta mengurangi garis-garis halus pada wajah.

Selain mengobati masalah kulit, face oil ini juga berfungsi sebagai pelembap untuk kulit, rambut, dan bibir. Tak hanya itu, produk ini juga memiliki SPF 5, sehingga dapat melindungi kulit Anda dari sinar UV.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Terdaftar di BPOM.
  • Bantu menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak cocok untuk Anda yang alergi terhadap kacang-kacangan.
Kandungan utama 100% pure almond oil
Klaim Kulit berjerawat dan sensitif
Metode pengolahan Cold pressed
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp59.000

5. Bhumi Multi Targeted All Natural Adoring Face Oil

Sumber: Bhumi.co.id

Mengandung 9 bahan alami untuk kulit wajah memesona

Face oil ini kaya akan bahan alami, terdiri dari 9 bahan utama lebih tepatnya. Beberapa di antaranya adalah kunyit, yang berfungsi sebagai pencerah wajah, minyak zaitun yang akan melembapkan dan menyegarkan kulit, rosehip dan clary sage sebagai sumber alami kolagen untuk regenerasi sel kulit.

Tak ketinggalan kandungan tea tree yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan noda hitam. Terdapat juga bahan-bahan lain yang berpadu menjadi produk perawatan wajah yang sempurna untuk perawatan kulit wajah dengan hasil yang memesona.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersertifikasi BPOM. HACCP. dan IFRA.
  • Ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran kemasan.
  • Harga tergolong mahal.
Kandungan utama Olive oil, jojoba seed oil, geranium oil, turmeric oil, tea tree oil, lavender oil, clary sage seed oil, patchouli oil, frankincense oil, lemongrass oil, rosehip seed oil, vitamin E
Klaim Semua jenis kulit
Metode pengolahan Tidak disebutkan
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp249.000

6. KLEVERU Grapeseed Face Oil

Sumber: Shopee.co.id

Double manfaat untuk perawatan kulit dan rambut yang sehat

Grape seed oil yang terdapat pada face oil ini berfungsi untuk merawat kulit kombinasi dan berminyak agar bebas dari jerawat. Cara kerjanya adalah menyeimbangkan minyak dan mengontrol minyak berlebih pada kulit, mengecilkan pori-pori, serta merangsang pertumbuhan kolagen agar kulit menjadi lebih elastis.

Selain untuk perawatan kulit wajah, produk ini juga bisa dijadikan serum rambut untuk mendapatkan rambut yang tebal dan berkilau. Bebas alkohol dan tambahan kimia lainnya, produk ini cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif, ibu hamil dan menyusui.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga terjangkau.
  • Tersertifikasi BPOM, Halal MUI, dan Ecocert Certified Organic.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran.
Kandungan utama Grape seed oil
Klaim Kulit kombinasi dan berminyak
Metode pengolahan Cold pressed
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp51.744

7. THE BATH BOX Rose Drop Facial Treatment Oil

Sumber: Shopee.co.id

Kombinasi bahan alami penuh manfaat untuk kulit sehat

Produk ini memiliki kombinasi minyak mawar, dimethylmethoxy chromanyl palmitate, dan squalane untuk mencerahkan, melembapkan, sekaligus menjaga elastisitas kulit.

THE BATH BOX Rose Drop Facial Treatment Oil juga mengandung ekstrak ganggang cokelat yang bermanfaat untuk menghaluskan dan meningkatkan antioksidan kulit.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tekstur ringan, tidak lengket saat diaplikasikan.
  • Aroma mawarnya tidak menyengat, sangat menenangkan.
  • Bantu kulit lembap dan bertekstur halus.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Untuk sebagian pengguna, wangi tergolong menyengat.
  • Hanya tersedia dalam satu ukuran kemasan.
Kandungan utama Squalane, rosa damascena flower oil, dimethylmethoxy chromanyl palmitate, tocopherol
Klaim Semua jenis kulit
Metode pengolahan Tidak disebutkan
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp150.000

8. Moriganic Sunflower Oil

Sumber: Shopee.co.id

Kaya akan vitamin untuk kulit sehat dan rambut berkilau

Mengandung vitamin A, C, D, dan E, serta asam lemak esensial, Moriganic Sunflower Oil memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Mulai dari melembapkan dan mencerahkan kulit, menjaga elastisitas kulit, hingga menghilangkan bekas jerawat serta mengurangi stretch marks.

Tak hanya itu, face oil ini juga dapat digunakan untuk rambut agar lebih berkilau dan sehat, juga bisa dipakai sebagai minyak pijat. Cocok untuk semua jenis kulit, kualitas minyak produk ini pun terjaga karena menggunakan metode cold-pressed.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Telah mendapat sertifikasi BPOM.
  • Cepat menyerap ke dalam kulit.
  • Cukup membantu mengatasi jerawat dan milia di wajah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebagian pengguna mengatakan produk sedikit lebih lama menyerap di wajah.
Kandungan utama Sunflower seed oil
Klaim Kulit kering, normal, dan berminyak
Metode pengolahan Cold pressed
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp45.000

9. Clay Botanicals Brightening Oil

Sumber: Shopee.co.id

100% bahan natural untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah

Anda memiliki masalah kulit beruntusan dan komedo? Cegah dengan minyak organik seperti Clay Botanicals Brightening Oil. Dengan bahan-bahan aktif alami seperti grape seed oil dan lavender, face oil ini memberikan banyak manfaat, di antaranya menghilangkan beruntusan dan komedo.

Manfaat lain dari produk ini adalah memutihkan kulit secara alami, menyamarkan noda bekas jerawat, menghilangkan mata panda, dan masih banyak lagi, termasuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Karena berbahan 100% natural, produk ini aman untuk bumil dan busui.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Aroma lembut dan segar.
  • Cepat menyerap ke dalam kulit.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran kemasan.
Kandungan utama Black currant seed oil, grape seed oil, lavender midnight rose essential, marula oil, geranium rose oil, sandalwood oil
Klaim Kulit normal dan kering
Metode pengolahan Distilled
Ukuran 20 mL
Kisaran harga Rp82.800

10. EVERPURE Rosehip Oil

Sumber: Shopee.co.id

Mengurangi bekas luka, stretch mark, dan kerutan secara alami

Jika penampilan kulit Anda mulai menurun karena pengaruh usia, saatnya Anda menggunakan face oil yang diciptakan khusus untuk mengatasi masalah tersebut. EVERPURE Rosehip Oil mengandung vitamin dan antioksidan untuk mencegah tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan bintik hitam.

Menggunakan bahan natural terbaik dan berkualitas, produk dari Australia ini membantu mengencangkan kulit, serta menyamarkan bekas luka akibat jerawat dan stretch mark. Sebagai face oil, produk ini melembapkan dan mencerahkan kulit, serta melindungi kulit dari sinar UV.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Telah mendapat sertifikat BPOM.
  • Menyerap dengan baik dan mampu memberikan kelembapan secara optimal.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Membuat wajah sedikit berminyak.
Kandungan utama Rosehip oil
Klaim Semua jenis kulit
Metode pengolahan Cold pressed
Ukuran 20 mL
Kisaran harga Rp95.000

Tabel Perbandingan Face Oil

Cara Menggunakan Face Oil dengan Benar

Agar face oil pilihan Anda bekerja efektif, Anda perlu menggunakan face oil dengan cara yang tepat dan benar. Berikut ini kami berikan tips menggunakan face oil untuk membantu Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Gunakan face oil setelah memakai serum atau pelembap. Rangkaian tersebut akan memberikan kombinasi perawatan terbaik untuk kulit, karena serum atau pelembap akan mengunci hidrasi pada kulit
  2. Aplikasikan berdasarkan kebutuhan kulit. Direkomendasikan oleh dokter kulit untuk menggunakan face oil di pagi hari sebagai tabir surya dan alas makeup, serta di malam hari sebagai langkah terakhir dari rangkaian perawatan kulit.
  3. Jangan digosok, tapi dioleskan atau ditepuk ke kulit wajah. Hal ini akan membantu mendorong minyak ke pori-pori, sehingga kulit menyerap minyak lebih cepat dan mendapatkan manfaat yang lebih banyak.
  4. Cukup satu hingga tiga tetes. Face oil mengandung jumlah nutrisi yang lebih banyak dan terkonsentrasi, sehingga pemakaian sedikit saja sudah cukup untuk menutupi seluruh wajah dan memberikan manfaat yang dibutuhkan kulit.

Kesimpulan

Face oil mengandung vitamin, asam lemak esensial, dan antioksidan yang dapat menyeimbangkan kadar kelembapan kulit wajah, sehingga kulit lebih sehat dan bercahaya. Selain itu, face oil juga membantu mengatasi masalah kulit lainnya, seperti jerawat, beruntusan, komedo, kerutan, bekas luka, dan sebagainya.

Gunakan face oil dengan cara yang benar agar Anda mendapatkan hasil yang optimal. Pastikan Anda sudah mencuci tangan dan wajah sebelum menggunakan face oil dan rangkaian perawatan wajah lainnya. Semoga Anda menemukan face oil yang cocok dan wajah Anda semakin glowing, ya!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *