Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik

Sanofi IA x PickyBest

Flek hitam atau ephelis dapat muncul pada banyak titik tubuh, seperti lengan dan bahu, namun paling sering terlihat di kulit wajah. Kondisi yang banyak dialami orang Indonesia ini biasanya tidak berisiko buruk bagi pengidapnya. Alih-alih melakukan perawatan laser, Anda dapat menggunakan krim penghilang flek hitam sebagai solusi utama yang sedikit memakan biaya.

Di pasaran, tidaklah sulit mendapati cream penghilang flek hitam, seperti keluaran brand  Olay, La Tulipe, Biokos, dan Roro Mendut yang lebih terjangkau soal harga. Kami akan memaparkan cara memilih produk sekaligus menyajikan rekomendasinya untuk Anda. Sebelum itu, mari ketahui dulu alasan kemunculan flek hitam pada wajah!

Apa Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah?

Apa Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Cukup banyak kota dan pulau yang dilalui garis khatulistiwa, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Flores. Orang-orang yang tinggal di sekitar garis pembagi belahan bumi utara dan belahan bumi selatan (khatulistiwa atau equator) lebih banyak memproduksi melanin sebagai respons tubuh terhadap sinar matahari.

Selain faktor geografis, flek hitam juga bisa muncul karena bawaan genetik alias keturunan.  Orang-orang berkulit cerah dan berambut pirang sering mengalami kondisi ini. Flek hitam atau yang kerap disapa liver spot dan sun spot dapat pula muncul pada orang-orang tua.

Salah satu cara untuk mencegah peningkatan produksi melanosome dalam melanin akibat matahari adalah memakai tabir surya (sunscreen) setiap kali ingin beraktivitas outdoor di siang hari. Anda dapat mengantisipasi kemunculan bintik hitam ini dengan tabir surya ber-SPF mulai dari 15 – 50, tergantung kebutuhan. Namun jika sudah terlanjur muncul, Anda bisa membantu menghilangkannya dengan memakai krim penghilang flek hitam.

Cara Memilih Krim Penghilang Flek Hitam

Di Indonesia, banyak sekali produk kosmetik dan skincare yang beredar. Dalam rangka mendapatkan krim penghilang flek hitam yang bagus, pastikan Anda mengetahui poin-poin penting untuk diperhatikan saat pemilihan. Berikut kami paparkan tips-nya!

Pilih yang Mengandung Bahan Aktif untuk Menghilangkan Flek Hitam

Hal penting pertama untuk Anda ketahui adalah mengecek kandungan dari setiap produk. Tidak semua bahan efektif membantu menghilangkan flek hitam, karena itu pastikan Anda membaca poin ini dengan saksama agar tahu manakah kandungan di dalam produk yang paling tepat untuk Anda.

Vitamin C: Terbukti Efektif Memudarkan Bintik Flek Hitam

Vitamin C Terbukti Efektif Memudarkan Bintik Flek Hitam

Impian memperoleh kulit cerah, sehat, dan bebas dari flek hitam dapat diwujudkan dengan memilih krim berkandungan vitamin C. Vitamin C yang biasanya terdapat dalam bentuk serum juga termasuk efektif diformulasikan ke dalam produk berbentuk cream. Vitamin C menjadi antoksidan kuat untuk mencegah dan mengurangi kerusakan sel kulit akibat produksi radikal bebas.

Di samping itu, vitamin C juga membuat bintik hitam pada kulit memudar dengan cara menghambat produksi melanin. Warna kulit yang merata dan bebas jerawat juga dapat Anda miliki. Uniknya lagi, vitamin C mampu meningkatkan produksi kolagen dan elastin sehingga kulit lebih kencang. Carilah vitamin C dalam jenis L-ascorbic acid agar kandungannya cepeat menyerap ke kulit.

Hydroquinone: Diklaim Ampuh Mencerahkan dan Memutihkan Kulit Akibat Flek Hitam

Hydroquinone Diklaim Ampuh Mencerahkan dan Memutihkan Kulit Akibat Flek Hitam

Dalam dunia kedokteran, para dokter spesialis kulit sering menyebut flek hitam sebagai melasma. Kemunculan melasma bisa ditemui di bagian pipi, batang hidung, dahi, atau dagu. Untuk mencegah hiperpigmentasi semacam ini, banyak orang dianjurkan menggunakan krim wajah berkandungan hydroquinone.

Hydroquinone adalah bahan yang dianggap sebagai primadona karena diklaim mampu mencerahkan wajah, menyamarkan flek hitam atau melasma di wajah, noda penuaan, hingga bekas jerawat. Apabila Anda bermaksud menerapkan krim penghilang flek hitam berkandungan hydroquinone, sebaiknya minta petunjuk dokter dan lakukan kontrol kembali ke dokter untuk penyesuaian dosis agar terhindar dari efek samping berbahaya.

Glycolic Acid: Bahan Utama dalam Produk Perawatan Jerawat, Anti-aging, dan Eksfoliasi

Glycolic Acid Bahan Utama dalam Produk Perawatan Jerawat Anti aging dan Eksfoliasi

Asam glikolat atau glycolic acid sering dipakai dalam produk kecantikan, seperti produk pembasmi jerawat, produk anti-aging, dan produk exfoliator. Krim penghilang flek hitam membandel yang mengandung glycolic acid dapat menjadi opsi bagi Anda. Bentuk lain dari alpha hydroxy acid (AHA) ini terbukti efektif meremajakan kulit wajah, lho!

Fungsi dari glycolic acid antara lain dapat mengurangi garis halus, keriput, noda bekas jerawat, dan flek hitam. Asam glikolat juga akan mendorong pembentukan sel-sel baru dan kolagen yang menjadikan kulit elastis. Selain itu, kulit yang cerah lebih mudah Anda dapatkan karena acid ini mampu mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Kojic Acid: Senyawa dengan Efektivitas Tinggi Mencegah Produksi Melanin Berlebihan

Kojic Acid Senyawa dengan Efektivitas Tinggi Mencegah Produksi Melanin Berlebihan

Menurut beberapa sumber disebutkan bahwa kojic acid berasal dari Jepang, dan telah lama menjadi salah satu bahan penyusun produk skincare untuk memutihkan kulit, baik itu serum, krim wajah, facial foam, dan sabun. Senyawa kimia dari jamur ini menjanjikan kulit cerah dengan mencegah produksi melanin berlebih.

Ketika produksi melanin berkurang, maka hiperpigmentasi takkan terjadi sehingga perubahan warna kulit menjad terlalu gelap pun terhindarkan. Krim penghilang flek hitam berkandungan asam kojic dapat pula dipakai untuk menyingkirkan noda bekas jerawat, namun kebanyakan produknya berbentuk sabun muka.

Alpha Arbutin: Pemutih Alami yang Mampu Menekan Proses Pigmentasi

Alpha Arbutin Pemutih Alami yang Mampu Menekan Proses Pigmentasi

Apabila Anda khawatir dengan krim berformulakan hydroquinone tanpa pengawasan dokter, bahan pemutih alternatif lain yang bisa Anda pilih adalah alpha arbutin. Alpha arbutin adalah generasi terbaru di dunia kosmetik yang berasal dari buah-buahan dan tumbuhan seperti lingonberry. Karena berasal dari bahan alami, maka produk berkandungan ini pun jauh lebih aman ketimbang produk berkandungan hydroquinone.

Mekanisme alpha arbutin dalam memberantas flek hitam ialah dengan menghambat aktivitas dan pembentukan melanin pada lapisan epidermis kulit. Uniknya, alpha arbutin tidak bersifat destruktif karena hanya menekan proses pigmentasi yang tindak diinginkan. Di sisi lain, alpha arbutin juga berperan sebagai pelindung kulit dari sinar ultraviolet, kulit pun terhindar dari penggelapan warna dan kerusakan berkatnya!

Pertimbangkan Produk yang Dilengkapi Agen Pelembap

Pertimbangkan Produk yang Dilengkapi Agen Pelembap

Apabila Anda mengharapkan hasil perawatan lebih, kami menyarankan Anda memilih krim penghilang flek hitam yang diperkaya bahan pelembap. Ceklah komposisi produk untuk mengetahui keberadaan agen pelembapnya. Beberapa moisturizer yang efektif melembapkan kulit dan umum digunakan antara lain:

  • Ceramides. Kandungan ini akan mengikat kadar air agar sel kulit tidak kering. Seiring bertambahnya usia, produksi alami ceramides dapat berkurang sehingga Anda perlu menerapkan produk yang menyimpan kandungan pelembap satu ini, termasuk pada krim wajah penghilang flek hitam.
  • Hyaluronic Acid. Mempunyai fungsi utama serupa dengan ceramides, namun kandungan ini menawarkan manfaat lebih sebagai exfoliant alami yang mencegah sebum berlebih menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Lactic Acid. Asam laktat ampuh untuk melembapkan kulit dan mencegah kulit wajah mengalami iritasi. Kandungan ini dinilai lebih lembut bagi kulit akrena berasal dari bahan alami seperti yoghurt atau susu. Bertindak sebagai emollient, lactic acid akan melindungi kulit kering dan kasar akibat sinar UV.
  • Glycerin. Gliserin atau disebut juga glycerol terbuat dari bahan-abah nalami seperti lemak hewani dan minyak nabati. Adalah humektan alami yang ampuh melembapkan kulit dengan menyerap air sekaligus menahannya di lapisan dalam kulit. Krim penghilang flek hitam berkandungan gliserin cocok untuk kulit Anda yang cenderung berminyak karena tidak membuat kulit terasa lengket.
  • Natural Oil. Anda yang berkulit sensitif dapat mengandalkan krim berkomposisikan natural oil, seperti sunflower oil, apricot oil, carrot oil, grapeseed oil, dan olive oil. Sifatnya yang oklusif membuat natural oil lebih bertahan lama dalam menjaga penguapan kadar air pada kulit, sehingga cocok dipakai oleh Anda yang berkulit kering dan sensitif.

 

Produk Berlabel Hypoallergenic dan Bebas Pewangi Dianjurkan untuk Pemilik Kulit Sensitif

Produk Berlabel Hypoallergenic dan Bebas Pewangi Dianjurkan untuk Pemilik Kulit Sensitif

Memastikan krim penghilang flek hitam yang aman dapat membuat Anda lebih tenang memakainya, bukan? Di samping mempertimbangkan produk berizin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), kami juga menyarankan Anda terutama yang kulitnya sensitif untuk mengutamakan produk berlabel hypoallergenic dan free fragrance.

Biasanya, krim berlabel hypoallergenic lebih sedikit mengandung komposisi, sehingga peluang interaksi potensial antar bahan tidak menimbulkan reaksi negatif pada kulit sensitif. Selain itu, hindari juga produk ber-fragrance, entah itu wewangian sintetis atau ekstrak alami karena dapat mendorong masalah lain seperti jerawat, kemerahan, hingga iritasi mata.

Buat Pria, Carilah Krim Penghilang Flek Hitam untuk Pria

Buat Pria Carilah Krim Penghilang Flek Hitam untuk Pria

Untuk para pria, meski sulit mendapatkan krim penghilang flek hitam khusus pria, Anda tetap bisa memilih produk lain. Caranya, pastikan produk tersebut dapat membantu mengontrol minyak sekaligus mengandung bahan-bahan pelawan bakteri penyebab jerawat.

Bagi para pria, adalah kewajiban memilih krim penghilang flek hitam yang diperkaya pelembap. Jika tidak menemukannya, Anda perlu mengaplikasikan pelembap pada wajah agar elastisitas kulit tetap terjaga. Dan lakukan juga pencegahan dengan memakai sunscreen agar kulit Anda tidak kering.

Utamakan Krim Wajah yang Memiliki Izin Edar BPOM

Utamakan Krim Wajah yang Memiliki Izin Edar BPOM

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, memilih krim penghilang flek hitam yang aman dapat membuat pikiran Anda lebih tenang setiap kali mengaplikasikannya. Salah satu cara termudah untuk menemukan produk yang aman adalah mendapatkan izin edar dari lembaga resmi negara, seperti di Indonesia ada BPOM atau di Amerika Serikat dengan FDA-nya.

Untuk krim penghilang flek hitam yang beredar di Indonesia, tentu Anda wajib memilih produk yang mencatutkan label atau nomor BPOM. Lakukan juga validasi dengan menyamakan nomor BPOM yang tertera pada kemasan atau website resmi produk dengan website resmi BPOM. Hal ini juga perlu Anda lakukan untuk produk import yang izin edarnya bukan dari BPOM, misal FDA (Food and Drug Administration) dan EMA (European Medicines Agency).

10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik

Berikutnya, kami akan memperkenalkan sepuluh pilihan krim penghilang flek hitam terbaik kepada Anda. Yuk, temukan satu di antara sepuluh rekomendasi produk yang paling tepat untuk Anda!

1. Olay Regenerist Micro Sculpting Cream Night

Sumber: Shopee.co.id

Dilengkapi animo peptide complex yang meresap sepuluh kali lebih dalam

Olay Regenerist Micro Sculpting Cream Night adalah krim yang menjaga kelembapan kulit Anda semalaman. Sepanjang tidur, krim ini memberi asupan nutrisi untuk menghasilkan wajah yang lembap dan kelihatan lebih muda. Hal ini dimungkinkan oleh salah satu kandungannya yaitu amino peptide complex yang meresap ke kulit sepuluh kali lebih dalam.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Berdasarkan keterangan seorang pengguna, krim ini membuat flek hitam di wajahnya cukup tersamarkan.
  • Efek wajah lebih glowing, terutama di pagi hari, dirasakan sebagian pengguna yang mengaplikasikan produk sebelum tidur.
  • Efek melembapkan yang timbul tidak membuat wajah berminyak, bahkan pada pengguna berkulit kering membantu kulit mereka lebih kencang dan kenyal.
  • Sebagian pengguna menyukai teksurnya yang kenyal seperti gel. Salah seorang di antaranya juga menyukai sensasi dingin saat terasa di wajah.
  • Karena melembapkan tanpa menghasilkan minyak berlebih, cocok juga untuk pengguna yang memiliki masalah acne prone.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebagian pengguna merasa efek wajah panas setelah memakai krim ini.
  • Tekstur yang kenyal membuat penyerapannya kurang maksimal pada beberapa orang.
  • Kemungkinan lebih cocok untuk pengguna yang tipe kulitnya kering karena menurut memicu minyak berlebih pada beberapa pengguna.
Produk Olay Regenerist Micro Sculpting Cream Night
Ukuran 50 g
Kisaran harga Rp165.000

2. Pond’s Age Miracle Whip Day Cream

Sumber: Ponds.com

Khasiat retinol untuk menunda penuaan

Aplikasikan Pond’s Age Miracle Whip Day Cream di wajah Anda pagi hari sebelum beraktivitas untuk wajah yang lembap dan cerah seharian. Secara bersamaan juga bekerja memudarkan noda hitam dan mengembalikan keremajaan kulit. Khasiat retinol yang cukup terkenal untuk menyembunyikan tanda-tanda penuaan juga dapat Anda rasakan bila dipakai teratur.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Salah seorang pengguna menilai produk ini efektif mengurangi flek hitam di wajahnya.
  • Efek melembapkan tanpa membuat wajah jadi berminyak.
  • Kandungan retinol yang tidak terlalu kuat. Cocok dipakai untuk yang baru pertama kali mencoba krim antipenuaan dengan retinol.
  • Sebagian pengguna menyukai teksturnya yang ringan dan cepat menyerap.
  • Efektif membuat wajah lebih kenyal  dan terlihat cerah.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Seorang pengguna yang berkulit kering mengaku efek krim ini kurang terasa. Sehingga kemungkinan lebih cocok untuk orang yang kulitnya berminyak atau kombinasi.
  • Karena mengandung retinol, tidak boleh digunakan bersama skincare lain yang mengandung vitamin C.
  • Beberapa pengguna merasa wajahnya perih saat memakai krim ini. Kemungkinan karena kandungan alkoholnya.
Produk Pond’s Age Miracle Whip
Ukuran 20 g
Kisaran harga Rp50.000

3. Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25

Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25

Cocok untuk segala jenis kulit sebagai krim anti-aging, anti-irritant, dan anti-hyperpigmentation

Apakah Anda ingin menghambat pembentukan melanin akibat efek paparan sinar matahari? Salah satu caranya adalah menggunakan krim penghilang flek hitam berkandungan SPF, seperti produk keluaran Biokos ini. Dengan SPF 25-nya, krim Biokos akan mencegah terjadinya hyperpigmentation.

Beberapa komponen whitening ditemukan dalam krim ini, antara lain alpha arbutin yang terkenal ampuh menekan produksi melanin untuk memperoleh kulit lebih putih. Kemudian, campuran bio-brightening complex dan saccharomyces xylinum black tea pada produk ini juga dapat memberi efek glowing alami.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Perubahan positif terasa pada beberapa pengguna pada 1 – 3 minggu pertama.
  • Efektif menghilangkan flek hitam dan hiperpigemntasi. Seorang pengguna juga mengaku jerawat di keningnya berkurang 80 persen.
  • Mengembalikan kesegaran kulit yang kusam akibat debu karena lama beraktivitas di luar ruangan.
  • Teksturnya ringan menyebar baik di permukaan kulit.
  • Kemasan bergaya modern yang elegan serta memudahkan pengaplikasian krim ke tangan.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebagian pengguna menilai harga produknya cukup pricey.
  • Efek melembapkannya terasa terlalu oily untuk beberapa orang.
  • Seorang pengguna mengaku kulitnya memerah dan muncul jerawat gara-gara produk ini.
Produk Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25
Ukuran 25 g
Kisaran harga Rp220.500

4. Jellys Pure Face Bluefin Tuna Cream

Sumber: Toko.ly

Produk skincare kualitas tinggi yang harganya tak menguras kantong

Produk skincare terbaik tidak selalu mahal, kok. Jellys Pure Face Bluefin Tuna Cream adalah salah satu buktinya. Dengan harga yang hanya 30 ribuan, produk Jellys ini menawarkan manfaat yang cukup banyak. Mulai dari menghilangkan flek hitam, melembapkan kulit, hingga mengatasi masalah jerawat. Produk ini mengambil manfaat dari kandungan alami seperti ekstrak tuna sirip biru, wild yam, dan beeswax.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Efektif memicu produksi kolagen.
  • Kandungan salicylic acid yang cukup ampuh mengurangi jerawat dan memudarkan bekasnya.
  • Membuat pori-pori lebih rapat dan menjaga kelembapannya.
  • Tekstur yang ringan, tidak lengket, dan mudah menyerap disukai banyak pengguna.
  • Harga terhitung terjangkau untuk banyak orang.
  • Meski harga terjangkau, produk dijamin aman karena tersertifikasi FDA, GMP, dan BPOM.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Krim terasa gatal dan membuat mata perih untuk beberapa pengguna.
  • Memicu timbulnya jerawat pada sebagian orang.
Produk Jellys Pure Face Bluefin Tuna Cream
Ukuran 10 g
Kisaran harga Rp35.100

5. Pond’s White Beauty Skin Perfecting Cream

Sumber: Shopee.co.id

Manfaat vitamin B3+ untuk kulit lebih sehat

Pond’s White Beauty Skin Perfecting Cream memiliki kandungan vitamin B3+ yang manfaatnya untuk kulit sangat terkenal. Mulai dari mengurangi kusam, membuat pori-pori tampak lebih kecil, menyamarkan bekas jerawat, dan banyak lagi. Menariknya lagi, produk ini mampu menyesuaikan dengan warna kulit Anda. Hasilnya, kulit terlihat lebih cerah, tapi tidak menyisakan whitecast.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Seorang pengguna yang seluruh anggota keluarganya menggunakan krim ini merasa kulit mereka lebih segar dan cerah.
  • Melembapkan tanpa menghasilkan minyak berlebih.
  • Kemasan kecil yang praktis dibawa kemana-mana.
  • Menyesuaikan dengan warna kulit. Tidak menimbulkan tone up berlebihan maupun meninggalkan whitecast selama tidak dipakai kebanyakan.
  • Harga relatif pas di kantong.
  • Tersedia varian untuk kulit normal dan kulit berminyak.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Efek tone up-nya terasa berlebihan pada beberapa pengguna.
  • Tidak semua orang menyukai finishing glitter­-nya.
  • Seorang pengguna mengalami kulit kemerahan akibat produk ini.
Produk Pond’s White Beauty Skin Perfecting Cream
Ukuran 20 g
Kisaran harga Rp13.000

6. Olay Total Effects 7 in 1 Night Cream

Sumber: Shopee.co.id

Melembapkan, sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan

Kombinasi antara vitamin, antioksidan, dan protein gandum yang terkandung dalam Olay Total Effects 7 in 1 Night Cream ini terbukti secara dermatologi dapat mengurangi munculnya garis halus, serta menjaga kelembapan kulit. Sebagai krim malam, krim ini merangsang regenerasi sel selama Anda tidur agar besok paginya kulit terasa lebih halus. Hasilnya, tanda-tanda penuaan di wajah jadi berkurang.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ampuh mengurangi noda hitam sekaligus melembapkan wajah.
  • Mengenyalkan dan mempercerah kulit berkat efek tone up­-nya.
  • Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan di sekitar mata.
  • Tekstur halus yang memberi sensasi dingin sekaligus menyerap cepat.
  • Kemasan ciamik yang cukup tebal untuk melindungi isi.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Setelah pemakaian tiga bulan, beberapa pengguna mengalami bruntus dan jerawat.
  • Pada sebagian orang memicu minyak berlebih dan bersifat comedogenic. Menjadi sebab timbulnya jerawat.
  • Beberapa pengguna mengaku wajahnya gerah pakai produk ini.
Produk Olay Total Effects 7 in 1 Night Cream
Ukuran 50 g
Kisaran harga Rp145.000

7. YVES ROCHER White Botanical Dark Spot Corrector

Sumber: Yvesrocher.co.id

Kualitas tinggi untuk hasil yang nyata!

YVES ROCHER White Botanical Dark Spot Corrector merupakan krim yang fleksibel karena dapat dipakai siang maupun malam hari. Khasiatnya tentu sama baik: membuat wajah lebih cerah dan mengurangi flek hitam. Kandungan white lupin-nya juga berfungsi mengenyalkan kulit, meremajakannya kembali dengan mengusir tanda-tanda penuaan.

3 Alasan untuk membeli Produk:

  • Jika dipakai rutin, cukup efektif memudarkan bekas jerawat dan flek hitam.
  • Mampu menyamarkan dark spot dan meratakan skin tone.
  • Tekstur creamy dengan aroma floral.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Seorang pengguna tidak merasakan perubahan apapun, sedangkan seorang yang lain merasa wajahnya panas.
  • Harga cukup mahal buat beberapa orang.
Produk YVES ROCHER White Botanical Dark Spot Corrector
Ukuran 14 mL
Kisaran harga Rp499.000

8. Whitelab Acne Cream

Sumber: Whitelab.co.id

Skincare yang viral karena keampuhannya!

Rangkaian skincare Whitelab cukup viral karena direkomendasikan oleh banyak beauty vlogger, salah satunya Tasya Farasya. Bagaimana tidak, krim ini memang sangat ampuh untuk mencegah munculnya jerawat serta menghilangkan bekasnya hanya dalam hitungan hari. Efektif pula mengempeskan jerawat yang membandel. Tidak hanya itu, flek hitam dan minyak berlebih di wajah juga ikut berkurang!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sangat efektif memudarkan noda hitam bekas jerawat.
  • Membuat jerawat lebih cepat kering dan kempes. Sekaligus mencegah timbulnya jerawat baru.
  • Mengurangi kemerahan pada wajah.
  • Tekstur krim yang ringan tidak bikin perih.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Memicu penumbuhan jerawat pada seorang pengguna.
  • Isi kemasan relatif terlalu sedikit.
Produk Whitelab Acne Cream
Ukuran 10 mL
Kisaran harga Rp61.000

9. Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream

Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream

Sumber: Rivera.id

Menyimpan formula lembut dan tidak lengket sehingga nyaman di kulit

Terpapar sinar matahari merupakan “makanan” sehari-hari penduduk Indonesia. Tidak heran jika banyak orang berburu krim penghilang flek hitam terbaik untuk perawatan kulit wajahnya. Bagi Anda yang bermaksud mencegah timbulnya flek hitam baru, dapatkan 2 manfaat gabungan pelembap dan sunscreen dalam satu produk berikut!

Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream tidak hanya melembapkan wajah, tetapi ikut membantu menjadikan kulit tampak cerah, membuat flek hitam tersamarkan, dan memperlambat tanda penuaan dini melalui 3 Act Brightening System-nya. Ditambah kandungan SPF 15, produk ini semakin optimal dalam melindungi kulit muka dari risiko munculnya bintik hitam dan kulit kering.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ampuh menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat.
  • Mengandung SPF sehingga tidak perlu pakai sunscreen lagi.
  • Membikin wajah lebih lembap, cerah, dan bersinar.
  • Menghambat tanda-tanda penuaan dini.
  • Tekstur lembut, tidak lengket, cepat menyerap, dan wanginya cukup enak untuk menurut orang.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Menimbulkan blackheads pada seorang pengguna.
  • Hasil kurang signifikan pada pengguna yang lain.
  • Beberapa orang mungkin tidak suka wanginya.
Produk Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream
Ukuran 30 g
Kisaran harga Rp91.000

10. L’Oreal Paris White Perfect Clinical Night Cream

Sumber: Loreal-paris.co.id

Tidak hanya mengurangi, tapi juga mencegah munculnya noda hitam

Tidak hanya menyingkirkan noda hitam yang sudah muncul, krim L’Oreal Paris ini juga mencegah munculnya noda hitam baru. Produk ini bekerja memanfaatkan Derm White Technology yang merupakan tiga kombinasi bahan aktif: acytl C yang berfungsi sebagai pencerah, serta adenosine dan fiberlastyl yang mengontrol produksi melanin untuk mencegah hiperpigmentasi.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menghilangkan noda hitam secara bertahap.
  • Jika diaplikasikan sebelum tidur, wajah menjadi kenyal dan cerah pagi harinya.
  • Membasmi milia dan kerutan di sekitar wajah dan mata.
  • Tekstur tidak terlalu encer, tidak pula terlalu kental. Mudah menyerap.
  • Seorang pengguna menganggap wanginya mewah.

4 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa pengguna mengalami minyak berlebih setelah aplikasi di malam hari.
  • Menimbulkan rasa perih pada sebagian orang.
  • Kemasan kaca yang tidak travel-friendly.
  • Beberapa orang menganggapnya cukup pricey.
Produk L’oreal Paris White Perfect Clinical Night Cream
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp150.000

Tabel Perbandingan Krim Penghilang Flek Hitam

Ikuti Anjuran Pemakaian untuk Hasil Optimal

Ikuti Anjuran Pemakaian untuk Hasil Optimal

Hasil yang maksimal bisa Anda rasakan jika mengikuti aturan pemakaian dari setiap produk. Sebagai contoh, beberapa krim penghilang flek hitam mungkin ideal dipakai ke seluruh area wajah, namun kebanyakan produk justru dianjurkan penggunaannya hanya pada area kulit yang terdapat flek dan noda hitam.

Penting juga mengetahui jenis flek hitam yang dapat dirawat sendiri dengan bantuan krim atau hanya bisa diatasi dengan penangangan khusus. Lentigo, postinflammatory hyperpigmentation (HPI), dan melasma termasuk jenis flek hitam yang mampu ditangani oleh krim penghilang flek hitam. Sedangkan jenis lain, yaitu freckles, keratosis seboroik, dan flek hitam di bagian leher dan bahu lebih baik diberi tindakan sesuai anjuran ahli kulit.

Lakukan Hal Berikut untuk Mencegah Flek Hitam

Kemunculan flek hitam dapat terjadi tanpa memandang usia penderitanya. Kebiasaan seperti tidak mengaplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas menjadi penyebab kecil timbulnya flek hitam. Setelah berhasil memudarkannya dengan krim penghilang flek hitam pilihan Anda, jaga selalu kulit agar tidak ditimpa masalah serupa di kemudian hari. Berikut cara mencegah flek hitam yang bisa Anda terapkan.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Kulit Anda Setiap Hari

Penuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Kulit Anda Setiap Hari

Produksi melanin yang berlebihan akan menggelapkan warna kulit. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengurangi jumlah melanin yang diproduksi tubuh dengan konsumsi buah dan sayur yang tinggi vitamin, terutama vitamin C dan E.

Vitamin C akan menghambat pembentukan flek hitam, dan vitamin E membantu peran vitamin C untuk mencerahkan serta meratakan warna kulit Anda. Anda bisa memperoleh kedua jenis vitamin ini dari beberapa jenis buah dan sayur, seperti alpukat, stroberi, jeruk, tomat, brokoli, dan bayam.

Berikan Perlindungan Bagi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari

Berikan Perlindungan Bagi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari

Walaupun daerah yang Anda tinggali tidak berada dekat dengan garis khatulistiwa, iklim tropis Indonesia dapat membuat warna kulit Anda kusam akibat hiperpigmentasi sebagai efek sengatan matahari. Oleh karena itu, biasakan memberi perlindungan terhadap kulit dengan mengoleskan sunblock atau sunscreen dengan kandungan SPF tinggi.

Apabila Anda berencana menghabiskan waktu di pinggir pantai saat berlibur, sebaiknya Anda gunakan juga topi dengan lidah yang lebar atau topi khusus pantai. Dengan begini maka kulit wajah Anda akan elbih terlindungi dari sinar ultraviolet.

Tidur yang Cukup dan Hindari Konsumsi Obat Sembarangan

Tidur yang Cukup dan Hindari Konsumsi Obat Sembarangan

Saat tidur, kulit tidak serta-merta beristirahat, namun tetap beraktivitas yang tujuannya untuk merenererasi. Di malam hari proses regenerasi kulit sangatlah aktif, sehingga Anda perlu memberi dukungan dengan cara paling mudah, yaitu tidur tidak terlalu larut. Sebelum tidur Anda bisa mengaplikasikan krim malam atau sleeping mask jika ingin mendapatkan kulit lembap di pagi hari.

Selain itu, fakta yang cukup mengejutkan menyebutkan bahwa menerima obat suntik untuk memutihkan kulit dengan klaim hasil cepat juga memicu pembentukan flek hitam. Bahkan, dilansir dari DermNet NZ, obat dalam kategori Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAIDs), antimalarials, amiodarone, antipsychotic, phenytoin, cytotoxic drugs, dan tetracylines ikut serta mempromosikan pigmentasi kulit secara berlebihan.

Kesimpulan

Bagaimana flek hitam dapat muncul dan cara memilih krim penghilang flek hitam telah kami berikan. Dari sepuluh produk rekomendasi, manakah yang menurut Anda paling cocok mengatasi flek hitam pada wajah Anda? Supaya hasilnya maksimal, lebih baik Anda berkonsultasi dulu ke dokter kulit untuk mengetahui jenis flek hitam yang Anda alami.

Sanofi IA x PickyBest

Setelah mendapatkan petunjuk dari dokter dan wujud flek hitam Anda masih bisa ditangani dengan krim, barulah Anda memilih krim penghilang flek hitam sesuai kebutuhan, baik melihat komposisi kandungannya, hingga mencocokannya dengan tipe kulit Anda. Lakukanlah perawatan secara intensif mengikuti anjuran pemakaian agar flek hitam Anda berhasil teratasi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *