Elektronik

10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik

Sanofi IA x PickyBest

Salah satu elektronik penyebab membengkaknya tagihan listrik di rumah adalah kulkas. Hal ini tak mengherankan mengingat kulkas memanglah alat elektronik yang bekerja nyaris tanpa henti. Untungnya, modern ini makin banyak kulkas hemat listrik yang siap bekerja nonstop menjaga bahan makanan, sekaligus membiarkan Anda bernapas lebih leluasa di akhir bulan.

Terdapat banyak brand alat elektronik yang memproduksi kulkas hemat listrik, misalnya Samsung, LG, dan Beko. Supaya tidak kebingungan mesti pilih yang mana, di artikel ini kami bahas cara memilih yang benar. Lebih dari itu, kami juga telah merangkum sepuluh produk terbaik dari berbagai merek untuk Anda coba. Kita bahas, yuk!

Cara Memilih Kulkas Hemat Listik

Memilih kulkas hemat listrik agak berbeda dengan memilih kulkas biasa. Terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Di antaranya adalah ketersediaan ruang, kapasitas, tipe, teknologi pendingin, konsumsi listrik, fitur, dan bahan refrigeran.

Cek Dulu Ketersediaan Ruang di Rumah

Terlepas dari apakah kulkas yang mau Anda beli adalah kulkas hemat listrik atau kulkas konvensional, hal yang pertama harus Anda perhatikan adalah ketersediaan ruang di rumah. Ukurlah dengan detail lebar, tinggi, dan kedalaman ruang yang ada, lantas pilih kulkas yang ukurannya memungkinkan untuk diletakkan di situ.

Perlu diperhatikan bahwa ruang yang tersedia ini tidak boleh terlalu rapat. Pastikan terdapat jarak beberapa sentimeter antara kulkas dengan dinding/perabotan di sekeliling agar sirkulasi udaranya lancar. Selain itu, pastikan di depan kulkas terdapat ruang kosong yang luas supaya pintu kulkas dapat dibuka sepenuhnya.

Pastikan Kapasitasnya Tidak Lebih Besar dari yang Dibutuhkan

Normalnya, Anda mungkin menginginkan kulkas berkapasitas paling besar supaya leluasa menstok bahan makanan sebanyak mungkin. Namun, hal ini tak berlaku untuk kulkas hemat listrik. Sebab, pada dasarnya, makin besar kapasitas kulkas, makin besar pula konsumsi energinya. Dengan kata lain, kulkas paling hemat energi adalah yang kapasitasnya paling kecil.

Biarpun prinsipnya seperti di atas, tentu Anda tetap harus mempertimbangkan fungsionalitas kulkas tersebut. Bila kapasitasnya terlalu kecil, bahan makanan Anda sehari-hari boleh jadi malah tidak muat. Sebab itu, jalan terbaik adalah dengan memilih kulkas yang kapasitasnya cukup, namun tidak lebih besar dari kebutuhan Anda.

Menurut Department of Energy Amerika Serikat, kulkas dengan efisiensi energi yang baik berkapasitas dari 16 sampai 20 kaki kubik, atau setara 453 sampai 566 liter. Kapasitas ini cukup besar untuk memuat kebutuhan pangan keluarga beranggotakan 4 sampai 5 orang. Tentu, bila kebutuhan keluarga Anda lebih sedikit atau Anda masih tinggal sendiri, kulkas yang berkapasitas di bawah itu bakal lebih hemat lagi.

Perlu diingat juga untuk tidak menstok terlalu banyak bahan makanan mentah dalam satu waktu. Pastikan kulkas Anda tidak terisi lebih dari 3/4 kapasitas total. Hal ini penting untuk menjaga sirkulasi udara dan temperatur internal, yang kemudian turut berpengaruh pada konsumsi energi. Jadi, daripada belanja banyak sekaligus, lebih baik belanja lebih sering dengan jumlah lebih sedikit.

Utamakan Kulkas Berjenis Top-Mount Freezer

Terdapat berbagai macam jenis kulkas, mulai dari bottom-mount freezer, side-by-side, french door, dan seterusnya. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing. Namun, jika bicara mana yang paling hemat listrik maka pilihan terbaik adalah jenis top-mount freezer (pendingin atas). Sebagaimana namanya, kulkas jenis ini menempatkan freezer di bagian atas kulkas.

Dibanding bottom-mount freezer (pendingin bawah), konsumsi energi kulkas top-mount freezer lebih rendah 10 sampai 25 persen. Penghematan ini disebabkan oleh relasi antara penempatan freezer dengan posisi kompresor kulkas. Kompresor itu sendiri adalah komponen yang memompa bahan pendingin (refrigeran) ke seluruh sistem. Pada kebanyakan kulkas, posisi komponen ini ada di bagian bawah sebelah belakang.

Sebagai konsekuensi kerjanya, kompresor mengeluarkan panas yang dapat merembet ke komponen di sekitarnya. Jika freezer kulkas ditempatkan di bagian bawah, otomatis panas dari kompresor akan merembet dan menaikkan temperatur freezer. Alhasil, supaya temperatur tetap dingin, kompresor mesti bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak energi.

Berlawanan dengan itu, kulkas yang freezer-nya ada di atas dapat lebih mudah menjaga temperatur karena jauh dari panas kompresor. Inilah sebabnya mengapa konsumsi energinya pun otomatis lebih sedikit. Jadi, bila Anda memang ingin menghemat konsumsi listrik semaksimal mungkin, utamakan untuk memilih kulkas berjenis top-mount freezer.

Pilih Kulkas dengan Kompresor Berteknologi Inverter

Di nomor sebelumnya kami telah menyinggung soal kompresor yang tugasnya ialah memompa gas refrigeran agar temperatur kulkas selalu dingin. Pada kulkas konvensional, kompresor ini tidak bekerja terus menerus, hanya menyala ketika temperatur kulkas naik melewati temperatur tertentu. Setelah temperaturnya kembali turun, kompresor pun kembali berhenti.

Kondisi temperatur di luar kulkas sangat menentukan temperatur di dalam kulkas. Saat cuaca panas misalnya, temperatur kulkas akan lebih mudah naik dan kompresor mesti bekerja lebih berat untuk menjaganya tetap dingin. Berkebalikan, pada cuaca dingin, temperatur di dalam kulkas lebih mudah terjaga sehingga kompresor seharusnya tidak perlu bekerja terlalu keras.

Di samping temperatur di luar kulkas, banyak muatan kulkas itu sendiri juga turut memengaruhi temperatur. Makin penuh muatannya, maka makin mudah temperatur kulkas untuk naik. Sementara bila isinya hanya sedikit, temperaturnya lebih mudah dijaga.

Masalahnya, kompresor pada kulkas konvensional hanya memiliki satu kecepatan. Tidak peduli apakah temperatur di luar kulkas sedang panas atau dingin, maupun muatannya penuh atau kosong, kompresor selalu mengeluarkan kinerja maksimum. Hal inilah yang menjadi sumber pembengkakan konsumsi listrik.

Untuk memecahkan persoalan ini, diciptakanlah teknologi inverter. Teknologi ini memungkinkan kompresor menyesuaikan kecepatan dan intensitas pendinginan berdasarkan faktor-faktor tadi. Di samping itu, tak seperti kompresor biasa yang baru menyala saat temperatur naik, kompresor pada kulkas inverter selalu menyala dalam kecepatan pelan untuk memastikan konsistensi temperatur di sepanjang waktu.

Lewat cara kerja di atas, kulkas berteknologi inverter mampu mengonsumsi listrik 30 persen lebih hemat dari kulkas biasa. Lebih dari itu, selama beroperasi suara dan getaran yang dihasilkan lebih minim, tidak seperti kulkas konvensional yang cukup berisik saat kompresornya menyala. Jadi, walaupun harganya sedikit lebih mahal, sederet keunggulan ini tentu membuat kulkas berteknologi inverter jadi pilihan yang lebih ideal untuk menghemat listrik.

Pastikan Lampu Interiornya Berjenis LED

Meski terkesan sepele, jenis lampu yang terdapat dalam interior kulkas juga berkontribusi terhadap tingkat konsumsi energi. Hindarilah kulkas yang masih menggunakan lampu pijar. Pasalnya, meski hanya menyala ketika pintu dibuka, lampu ini sangat cepat memproduksi panas. Alhasil, kulkas Anda mesti bekerja keras untuk menetralisir panas tersebut.

Pilihlah kulkas yang lampu interiornya berjenis LED. Tidak seperti lampu pijar, lampu LED tidak cepat mengakumulasi panas. Kenaikan temperaturnya pun tak begitu tinggi. Jika dipegang, rasanya hanya hangat saja, berbeda dengan lampu pijar yang saking panasnya bisa membakar permukaan kulit.

Mayoritas kulkas modern ini sudah dilengkapi lampu LED. Kendati begitu, masih ada kulkas di kelas harga miring yang masih memanfaatkan lampu pijar. Sebab itulah Anda tetap mesti teliti. Sayangnya, jenis lampu interior tidak selalu disebutkan di dalam uraian spesifikasi produk. Karena itu, jangan ragu untuk menanyakannya dulu kepada penjual, ataupun memeriksa unit produk secara langsung di toko alat elektronik.

Sebaiknya Hindari Kulkas yang Dilengkapi Banyak Fitur Nonesensial

Makin banyak fitur harusnya makin baik. Tapi tidak demikian untuk kulkas hemat listrik. Anda perlu memahami bahwa fitur-fitur tambahan kulkas akan menambah beban kerja sekaligus konsumsi listrik. Sebab itu, bila benar-benar ingin hemat listrik, pilihlah kulkas yang tidak dilengkapi banyak fitur tambahan nonesensial.

Selama ada kompartemen dan freezer, kulkas Anda sesungguhnya telah sempurna. Kendati begitu, banyak orang menginginkan fungsionalitas lebih dari fitur tambahan seperti dispenser air, pembuat es, sampai fitur pintar yang bisa diakses melalui panel layar di pintu kulkas. Walaupun terdengar menarik, semua fitur ini tidaklah esensial sehingga lebih baik dihindari saja bila yang Anda cari memang kulkas hemat listrik.

Perhitungkan Estimasi Biaya Penggunaan Listriknya dengan Skema Perhitungan Ini

Aspek selanjutnya yang perlu Anda periksa saat memilih kulkas hemat listrik adalah daya listriknya itu sendiri. Kebutuhan daya listrik dapat Anda lihat pada spesifikasi masing-masing produk dalam satuan watt.

Besaran watt ini cukup Anda kalikan dengan lama waktu operasi kulkas. Contohnya, bila daya listrik sebesar 70 watt dan kulkas menyala nonstop 24 jam, total konsumsi listrik Anda tiap hari adalah 70 x 24 = 1.680 watt. Hasil perhitungan ini kemudian dikonversi ke kilo watt per hour (kWh) dengan cara membaginya dengan 1.000. Jadi, 1.680 : 1.000 = 1,68 kWh.

Besar kWh tersebut tinggal Anda kalikan lagi dengan tarif dasar listrik yang berlaku untuk golongan tarif listrik dan batas daya rumah/bangunan Anda. Jadi, jika tarif dasar listriknya Anda adalah 1.352 per kWh, setelah dikalikan dengan 1,68 kWh, biaya atas konsumsi listrik kulkas Anda adalah Rp 2.271,36. Untuk mengetahui biaya konsumsi bulanan, Anda tinggal mengalikannya dengan 30 dan didapatlah hasil Rp 68.140,8 per bulan.

Kalau Anda tak mau repot menghitungnya sendiri, Anda dapat memanfaatkan kalkulator konsumsi listrik yang bisa ditemukan di internet. Bagaimana pun caranya, pastikan untuk melakukan perhitungan ini untuk menyeleksi setiap kandidat produk yang Anda pertimbangkan.

Biar Makin Hemat Lagi, Prioritaskan Kulkas yang Memiliki Rating ENERGY STAR

Skema perhitungan di atas sangat berguna untuk mengestimasi konsumsi listrik kulkas dan biaya yang mesti Anda keluarkan untuk menanggungnya. Meski begitu, perlu diingat bahwa perhitungan tersebut mengambil asumsi bahwa konsumsi listrik kulkas selalu konsisten. Kenyataannya, konsumsi listrik kulkas selalu mengalami fluktuasi. Sehingga agar lebih hemat, Anda perlu mempertimbangkan efisiensi energinya pula.

Efisiensi energi kulkas dikategorikan dalam sistem rating ENERGY STAR yang diregulasikan Department of Energy Amerika Serikat. Kulkas yang memiliki rating ini—ditunjukkan dengan stiker khusus yang tertempel di pintu kulkas—memiliki konsumsi energi paling tidak 9 persen lebih efisien dari kulkas biasa. Persisnya tergantung pada tingkatan rating yang ditunjukkan dengan jumlah bintang.

Kesimpulannya, rating ENERGY STAR menjamin bahwa listrik yang dikonsumsi kulkas tidak berlebihan dan dipergunakan dengan seefisien mungkin untuk menjaga temperatur. Walaupun kulkas seperti ini harganya memang sedikit lebih mahal dari yang biasa, dalam jangka panjang, biaya yang Anda keluarkan untuk membayar tagihan listrik bakal lebih hemat, kok!

Biar Lebih Ramah Lingkungan, Periksa Bahan Refrigerannya

Meski tidak berhubungan langsung dengan penghematan konsumsi listrik, pastikan untuk mencari tahu refrigeran apa yang digunakan dalam kulkas pilihan Anda. Refrigeran adalah bahan pendingin yang bekerja menyerap panas dan mengeluarkan udara dingin. Berkat zat inilah kulkas Anda bisa dingin.

Bahan refrigeran di dalam kulkas menjadi penting diperhatikan lantaran beberapa jenis tertentu merupakan gas rumah kaca serta dapat berkontribusi pada penipisan lapisan ozon, seperti hydrochlorofluorocarbon (HCFC) dan chlorofluorocarbon (CFC). Oleh karenanya, jenis refrigeran seperti ini lebih baik dihindari.

Refrigeran yang pantas dipakai modern ini adalah refrigeran seperti hydrofluoroolefin (HFO) dan hydrofluorocarbon (HFC). Kedua zat ini tidak menimbulkan penipisan lapisan ozon dan memiliki kontribusi lebih minim pada pemanasan global. Kendati begitu, HFC masih merupakan jenis gas rumah kaca sehingga dampaknya tidak benar-benar nihil.

Refrigeran yang lebih ramah lingkungan lagi dari dua jenis di atas adalah isobutane (R600a) dan propane (R290). Kedua jenis refrigeran ini, terutama R600a, sudah banyak dipakai pada kulkas modern. R600a bahkan diklaim meningkatkan efisiensi energi. Sebab itu, jika dihadapkan pada beberapa pilihan produk, prioritaskanlah kulkas yang memakai refrigeran ini.

10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik

Setelah memahami cara memilihnya, sekarang Anda tinggal menjatuhkan pilihan. Di bagian ini kami telah merangkum sepuluh kulkas hemat listrik terbaik yang sangat layak Anda coba.

1. Samsung RT19

Sumber: Samsung.com

Dingin merata ke seluruh pojok

Samsung RT19 adalah pilihan ideal untuk orang yang masih lajang, atau pasangan baru yang masih tinggal berdua. Kapasitas 203 liternya memberi tempat yang cukup lapang untuk mengaruh segala bahan makanan. Skema kompartemennya apik untuk memudahkan pembagian tempat sesuai jenis bahan.

Untuk menjaga kesegaran dan memastikan keawetan bahan makanan Anda, Samsung telah mengimplementasikan teknologi all around cooling. Sistem pendingan ini memastikan interior kulkas dingin merata.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sanggup mempertahankan kesegaran natural bahan-bahan mentah seperti daging, ikan, dan buah-buahan tanpa membekukannya jadi es.
  • Sangat sunyi sampai seolah tidak bersuara.
  • Sudah pakai kompresor digital inverter.
  • Sudah pakai lampu LED.
  • Kotak sayuran berkapasitas besar.
  • Garansi ekstra panjang sampai 10 tahun.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Dimensi 555 x 1,445 x 637 mm
Kapasitas 203 L
Kisaran harga Rp3.749.000

2. Samsung RT43

Sumber: Samsung.com

Sayuran antilayu berkat sistem pendinginan ganda

Ucapkan selamat tinggal pada sayuran yang layu setelah disimpan di dalam kulkas. Samsung RT43 memiliki sistem pendinginan ganda, satu di freezer dan satu lagi di bagian refrigerator. Sistem pendinginan yang terpisah ini bakal membuat sayuran Anda tidak mudah layu, serta menjaga kesegaran makanan yang lain dua kali lebih lama.

Menariknya lagi, kulkas ini dilengkapi dengan teknologi Coolpack. Fungsi dari teknologi ini adalah memastikan makanan yang Anda letakkan di dalam freezer tetap dingin sampai 12 jam walaupun listrik padam. Biar mati lampu berjam-jam sekalipun, es krim yang Anda simpan takkan cepat mencari!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kapasitas yang lega untuk mencukupi kebutuhan mayoritas keluarga Indonesia.
  • Sistem pendinginan ganda memungkinkan pengaturan temperatur berbeda berdasarkan kebutuhan sehingga konsumsi energi lebih efisien.
  • Tidak bising.
  • Rak kulkas dapat ditarik keluar sehingga meraih makanan jadi lebih gampang.
  • Garansi kompresor sampai 10 tahun.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya bukan yang paling murah.
Dimensi 700 x 1,785 x 726 mm
Kapasitas 440 L
Kisaran harga Rp7.999.000

3. Samsung RT62

Sumber: Samsung.com

Kapasitas ekstra besar untuk Anda yang berkeluarga besar

Produk satu ini kami rekomendasikan khusus untuk Anda yang keluarganya besar. Kapasitas Samsung RT62 yang mencapai 620 liter menyediakan ruang begitu lapang untuk memuat seluruh bahan makanan yang keluarga Anda perlukan. Dengan lima rak di refrigerator serta satu rak yang membagi freezer menjadi dua level, Anda bakal lebih mudah menata penempatan isi kulkas.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memuat seluruh teknologi unggulan kulkas Samsung yang lain, seperti twin cooling, no frost, dan multi flow.
  • Freezer-nya dapat dialihfungsikan sebagai refrigerator untuk memberi ruang tambahan tanpa membekukan makanan yang disimpan.
  • Ada fitur Power Cool untuk langsung mendinginkan minuman dan makanan hanya dalam waktu 3 detik.
  • Sudah pakai lampu LED.
  • Sudah pakai kompresor digital inverter.
  • Terdapat protektor antibakter untuk memastikan udara di dalam kulkas senantiasa bersih dan higienis.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin terlalu mahal buat beberapa orang.
Dimensi 836 x 1862 x 788 mm
Kapasitas 631 L
Kisaran harga Rp11.099.000

4. LG GN-B195SQMT

Sumber: Lg.com

Hemat energi, hemat tempat, dan hemat di kantong

Hemat energi dan hemat tempat, itulah karakteristik kulkas LG berkapasitas 202 liter ini. Bentuknya yang ramping membuatnya mudah menyelip di antara perabotan lain di dapur.

Konsumsi listriknya pun sangat hemat karena sudah dilengkapi kompresor berteknologi inverter. Uniknya, kulkas ini punya teknologi Moist Balance Crisper yang menjaga kelembapan sayur dan buah agar selalu segar.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga kompetitif.
  • Pendinginan cepat dan merata karena pipa udaranya ada banyak.
  • Suara kompresor senyap.
  • Garansi kompresor sampai 10 tahun.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Dimensi 555 x 1400 x 585 mm
Kapasitas 202 L
Kisaran harga Rp3.299.000

5. LG GR-H802HQHU

Sumber: Lg.com

Menyamaratakan paparan udara dingin di seluruh interior kulkas

Pernahkah Anda membuka kulkas dan mendapati botol minum yang Anda letakkan di rak pintu terasa kalah dingin dari makanan/minuman di rak lain? Hal ini disebabkan oleh posisi lubang angin yang hanya terletak di bagian belakang kulkas sehingga udara dingin tidak mencapai makanan/minuman yang diletakkan di rak pintu.

LG memecahkan masalah ini dengan mengimplementasikan teknologi Door Cooling+ yang menyamaratakan paparan udara dingin di seluruh interior kulkas, termasuk pada rak pintu. Alhasil, mau diletakkan di mana pun, makanan/minuman Anda dijamin sama dinginnya!

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sudah dilengkapi kompresor berteknologi inverter.
  • Pengaturan suhu dan fitur lainnya dapat dilakukan melalui smartphone lewat aplikasi LG SmartThinQ.
  • Rak botol di pintu sangat lapang. Muat untuk meletakkan botol berukuran 2 liter.
  • Kapasitas lapang cocok dengan keluarga dengan anggota keluarga yang banyak.
  • Desain modern dengan warna hitam matter terlihat sangat apik di dapur.
  • Penerangannya sudah pakai lampu LED.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin kemahalan buat beberapa orang
Dimensi 860 x 1840 x 730 mm
Kapasitas 630 L
Kisaran harga Rp10.999.000

6. Panasonic NR-BB210V-S

Sumber: Panasonic.com

Konsumsi listrik lebih hemat 10 persen dari yang lain

Kulkas ini adalah bagian dari seri kulkas Bright & Beauty Panasonic. Terdapat sederet fitur canggih yang membuat produk ini menjadi spesial dari kulkas lain. Salah satunya adalah teknologi Econavi yang diklaim mampu menghemat konsumsi listrik hingga 10 persen. Tak hanya hemat listrik, kulkas dua pintu ini juga lebih ramah lingkungan karena telah mengimplementasikan refrigeran R600a.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga kompetitif.
  • Kebersihan makanan yang disimpan di dalam selalu terjaga karena ada teknologi Ag Clean antibakteri.
  • Desain modern dengan warna silver terlihat sangat elegan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Dimensi 525 x 1,455 x 583 mm
Kapasitas 210 L
Kisaran harga Rp3.790.000

7. Hisense RR60D4IGN

Sumber: Hisense.id

Kulkas mini sahabat setia anak kos

Hisense RR60D4IGN adalah kulkas mini yang sangat cocok dimiliki oleh anak kos atau siapa pun yang menginginkan kulkas personal di dalam kamar. Ukurannya yang kecil sudah tentu membuat konsumsi listriknya juga kecil. Meski begitu, kapasitas produk ini cukup lapang untuk menyimpan segala sesuatu yang perlu didinginkan, baik itu buah, minuman, es krim, ataupun sisa penganan yang mau Anda makan lagi esok hari.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Build quality apik sehingga bakal awet.
  • Sudah memakai refrigeran R600a yang ramah lingkungan.
  • Memiliki tujuh tingkat pengaturan termostat untuk menyesuaikan intensitas pendinginan yang dampaknya dapat menghemat konsumsi listrik lebih jauh lagi.
  • Ada kotak penyimpanan khusus yang pendinginannya lebih intens buat menyimpan es krim agar tidak mencair.
  • Pintunya reversible alias bisa dibuka dari sisi kanan maupun kiri sehingga menambah fleksibilitas penempatan kulkas.
  • Rak pintu sangat lapang, muat untuk menampung botol ukuran 2 liter.
  • Suaranya hening sehingga tidak mengganggu walaupun ditaruh di dalam kamar.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Meski sekilas cukup terjangkau, harganya mungkin agak sedikit mahal untuk sebagian anak kos.
Dimensi 439 x 470 x 510 mm
Kapasitas 60 L
Kisaran harga Rp1.075.000

8. Hisense RR120D4IGN

Sumber: Hisense.id

Kapasitas lebih besar untuk diisi lebih banyak

Bila kulkas mini Hisense di nomor sebelumnya agak kekecilan buat Anda, mungkin kulkas satu ini bisa menjadi alternatif. Hisense RR120D4IGN memiliki kapasitas nyaris dua kali lebih besar, yakni 110 liter. Ukuran ini membuatnya mampu diisi lebih banyak, namun tetap ideal diletakkan di dalam kamar. Menariknya, meski berukuran lebih besar, selisih harga produk ini tidaklah terlalu jauh dari kulkas mini Hisense!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kotak freezer lebih besar untuk menstok es krim lebih banyak.
  • Terdapat 8 pengaturan termostat untuk menyesuaikan intensitas pendinginan.
  • Rak dapat disesuaikan untuk memudahkan penataan isi.
  • Pintu kulkas dapat dibuka dari kedua sisi.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin sedikit kemahalan untuk beberapa anak kos.
Dimensi 475 x 446 x 842 mm
Kapasitas 110 L
Kisaran harga Rp1.399.000

9. Beko RDNT271I50S

Sumber: Beko.com

Dilengkapi teknologi khusus untuk mempertahankan nutrisi vitamin buah dan sayur

Menstok banyak buah dan sayuran di dalam kulkas memang baik untuk memastikan keluarga Anda mendapat asupan vitamin yang cukup setiap hari. Tapi, tahukah Anda bahwa penyimpanan terlalu lama di dalam kulkas dapat menghilangkan vitamin dalam buah dan sayur?

Beko secara khusus merancang teknologi Active Fresh Blue Light untuk memecahkan persoalan ini. Teknologi ini membuat buah dan sayuran tetap berfotosintesis selama penyimpanan sehingga seluruh nutrisi vitamin yang terkandung di dalamnya tidak hilang. Kesegarannya pun bertahan 30 persen lebih lama. Alhasil, tidak perlu khawatir lagi untuk menstok banyak buah dan sayuran di rumah!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bau bahan makanan tidak saling bercampur berkat sistem pendinginan ganda.
  • Cepat mendinginkan dan tidak membentuk kembang es.
  • Arah bukaan pintu dapat disesuaikan.
  • Sudah pakai lampu LED.
  • Ada vacation mode untuk meminimalisir konsumsi energi namun tetap mempertahankan temperatur di dalam freezer.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kompresornya belum berteknologi inverter.
Dimensi 540 x 1,650 x 600 mm
Kapasitas 271 L
Kisaran harga Rp3.938.000

10. Sharp Kirei III SJ-N162D

Sumber: Id.sharp

Kulkas satu pintu hemat listrik yang tak bikin kantong jebol

Sharp Kirei III SJ-N162D merupakan kulkas satu pintu yang harganya murah meriah. Dibanderol di bawah dua juta, produk ini menyediakan kapasitas yang cukup lapang untuk kebutuhan keluarga kecil. Anda dapat menyimpan banyak bahan makanan tanpa khawatir raknya jebol. Sebab, tiap rak kaca produk ini mampu menahan beban hingga 100 kilogram.

Di samping itu, meski harganya murah, desain kulkas ini sangat memanjakan mata dengan tiga variasi warna bermotif aurora. Build quality-nya pun apik dengan kabel per logam agar tidak dimakan tikus.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Garansi kompresor sampai 5 tahun.
  • Harga sangat terjangkau.
  • Memiliki toleransi tinggi terhadap naik turunnya tegangan listrik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kompresor belum inverter.
Dimensi 535 x 970 x 550 mm
Kapasitas 133 L
Kisaran harga Rp1.560.000

Tabel Perbandingan Kulkas Hemat Listrik

Kesimpulan

Di antara sepuluh kulkas di atas, mana yang akan Anda bawa pulang ke rumah? Sebelum menjatuhkan pilihan, pastikan Anda sudah mempertimbangkan seluruh aspek yang kami jelaskan di bagian cara memilih.

Setelah Anda membeli kulkas hemat listrik pilihan Anda, pastikan untuk mengatur termostatnya sesuai kebutuhan intensitas pendinginan. Jangan diset berlebihan supaya tidak boros listrik. Lalu, pastikan Anda dan tiap anggota keluarga tidak membuka pintu kulkas terlalu lama karena hal ini juga menjadi penyebab membengkaknya konsumsi listrik.

Sanofi IA x PickyBest

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *