Olahraga

10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik untuk Usia 1 – 12 Tahun

Sanofi IA x PickyBest

Anda sedang mencari sepeda untuk hadiah ulang tahun anak Anda? Atau, si kecil sudah merengek minta dibelikan sepeda agar bisa bersepeda bareng kawan-kawannya? Banyaknya pilihan seperti jenis, bentuk, dan desain yang beragam mungkin membuat Anda bingung memilih sepeda anak yang tepat.

Bila Anda belum memiliki pilihan, kami akan memberikan sejumlah tips memilih sepeda anak beserta rekomendasi produk terbaik versi PickyBest. Mulai dari Senator, Uonibaby, hingga Doona mengeluarkan sepeda anak berkualitas. Yuk, temukan sepeda terbaik untuk menyenangkan si buah hati!

Cara Memilih Sepeda Anak

Sebelum menentukan produk yang akan dipilih, Anda perlu memastikan jenis sepeda yang tepat, beserta fitur-fitur yang ditawarkan agar sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Apa saja yang mesti Anda perhatikan?

Sesuaikan Jenis Sepeda dengan Tahapan Belajar Anak

Di pasaran, umumnya tersedia balance bike, sepeda roda tiga, dan sepeda roda dua yang karakteristiknya perlu disesuaikan dengan tahapan belajar anak Anda.

Balance Bike: Dua Roda Tanpa Pedal untuk Melatih Keseimbangan

Keseimbangan merupakan bagian tersulit saat belajar bersepeda. Pada tahap awal belajar, Anda bisa memberikan buah hati balance bike untuk melatih keseimbangannya. Balance bike memiliki komponen sederhana, yakni hanya rangka dan roda tanpa pedal. Si kecil hanya duduk di sadel, menyeimbangkan badan, dan meluncur begitu saja tanpa mengayuh.

Sepeda ini sudah bisa dikenalkan kepada anak usia di atas 18 bulan. Anak yang sudah mahir menggunakan balance bike akan lebih mudah belajar menggunakan sepeda roda dua. Jadi, jika Anda ingin melatih keseimbangan anak sebelum mengajarinya bersepeda roda dua, balance bike adalah pilihan yang tepat.

Sepeda Roda Tiga: Cocok untuk Melatih Kemampuan Mengayuh

Apabila menggunakan balance bike dirasa masih sulit, sepeda roda tiga bisa menjadi alternatif pilihan. Sepeda ini mulai dapat digunakan sejak anak sudah bisa duduk tegak hingga usia tiga tahun. Sepeda tiga roda tidak dirancang untuk melatih keseimbangan, tetapi untuk melatih kemampuan mengayuh anak.

Untuk anak yang masih berusia di bawah tiga tahun, pilihlah sepeda roda tiga yang dilengkapi pengaman seperti sabuk pengaman atau pegangan yang mengelilingi badan. Sepeda untuk batita juga biasanya disertai pendorong dari belakang untuk dioperasikan oleh orang tua.

Sepeda roda tiga untuk anak tiga tahun ke atas, meski tidak disertai dorongan, cukup stabil dan rendah. Selain itu, roda belakangnya juga lebih lebar sehingga aman dan mudah digunakan oleh anak. Sepeda roda tiga juga bisa dengan mudah Anda temukan di toko-toko sepeda.

Sepeda Roda Dua: Untuk Anak yang Keseimbangan Motoriknya Sudah Baik

Setelah anak mampu menyeimbangkan badan, Anda bisa mulai memilihkan sepeda roda dua untuknya. Jika anak Anda masih belum bisa menyeimbangkan badan saat bersepeda, Anda bisa memilih sepeda roda dua yang dilengkapi dengan training wheels atau roda pembantu.

Roda pembantu bisa dilepas-pasang dengan mudah sesuai kebutuhan. Anda bisa melepasnya untuk mengajari keseimbangan pada si kecil dan memasangnya lagi jika merasa dia masih kesulitan. Saat anak benar-benar sudah merasa percaya diri bersepeda sendiri, Anda bisa melepasnya secara permanen.

Pilih Ukuran Roda sesuai Usia dan Postur Tubuh Anak

Bahan pertimbangan lain saat memilih sepeda anak yaitu ukuran roda yang sesuai dengan usia dan postur tubuh anak. Ukuran roda ini berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan anak saat mengendarai sepeda. Ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil bisa membuat kaki anak cepat pegal.

Terkait ukuran roda, roda sepeda anak biasanya berukuran 12 inci, 14 inci, 18 inci, 20 inci, dan 24 inci. Semakin besar tubuh anak, semakin besar pula roda sepeda yang digunakan. Untuk menentukan ukuran roda sepeda yang tepat, lakukan pengukuran panjang inseam anak. Inseam merupakan panjang dari pangkal paha sampai ke pergelangan kaki.

Untuk mengukurnya panjang inseam, Anda bisa meminta anak berdiri dan bersandar di tembok dengan menjepit sebuah buku (punggung buku di bagian atas) menggunakan pangkal pahanya. Tandai dengan pensil tempat punggung buku menempel pada dinding. Kemudian, ukurlah panjang dari lantai hingga tanda di dinding.

Berikut adalah panduan ukuran roda sepeda anak sesuai usia dan inseam. Anda bisa menyesuaikan inseam anak dengan ukuran roda sepeda yang akan dipilih. Setelah mengetahui ukuran roda yang sesuai, Anda bisa mengajak anak mencoba beberapa sepeda saat berada di toko.

Ukuran Roda Tinggi Anak Estimasi Usia Inseam
12 inci 76-100 cm 2-4 tahun 30-43 cm
14 inci 94-112 cm 3-5 tahun 41-51 cm
16 inci 99-122 cm 5-8 tahun 46-56 cm
20 inci 114-132 cm 6-10 tahun 53-63 cm
24 inci 127-147 cm 8-12 tahun 61-71 cm

Periksa Sistem Pengereman maupun Ada Tidaknya Rem

Anda juga perlu memeriksa sistem pengereman pada sepeda anak yang akan dipilih. Tergantung usia dan kemahiran anak bersepeda, sistem pengereman serta ada tidaknya rem haruslah sesuai dua poin tersebut.

Tanpa Rem: Pengereman Dihandel Orang Dewasa atau Manual Menggunakan Kaki

Sepeda anak yang pengoperasiannya masih dilakukan oleh orang dewasa, seperti sepeda batita, tidak memiliki sistem rem. Jika Anda memilih sepeda ini, Anda yang berperan untuk mendorong dan menghentikan laju sepeda anak Anda.

Sepeda roda tiga tanpa dorongan dan balance bike juga tidak memiliki rem. Sepeda berhenti secara manual dengan menggunakan kaki anak. Hal ini dapat melatih koordinasi gerak motorik anak. Namun, Anda tetap harus mengawasi anak Anda saat bersepeda menggunakan sepeda tanpa rem.

Rem Torpedo/Coaster: Pengereman Menggunakan Pedal yang Diputar Ke Belakang

Sepeda dengan rem torpedo (coaster brake) menggunakan pedal yang diputar ke belakang untuk mengurangi kecepatan roda belakang dan menghentikan sepeda. Sepeda jenis ini bisa Anda pilih untuk anak usia 2 sampai 4 tahun yang kekuatan tangannya belum begitu baik. Sepeda ini juga cocok untuk mengenalkan konsep rem pada anak.

Akan tetapi, sepeda ini kurang aman jika dikendarai anak tanpa pantauan orang dewasa. Ketika roda direm kuat-kuat oleh anak, roda belakang bisa selip. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tetap mengawasi anak Anda saat sedang bersepeda dengan rem torpedo. Anda juga bisa mengajari mereka cara mengerem yang baik dan benar agar tetap aman.

Rem Tangan: Rem Lebih Kuat untuk Anak yang Mulai Pintar Bersepeda

Untuk anak yang tangannya sudah cukup kuat, Anda bisa memilihkan sepeda dengan rem tangan untuknya. Sistem pengereman dengan tangan lebih stabil karena ban depan dan belakang dilambatkan lajunya. Rem tangan juga lebih mudah dioperasikan oleh anak. Selain itu, sepeda dengan rem tangan lebih mudah dijumpai di toko-toko sepeda.

Pilihlah sepeda dengan rem tangan yang mudah dijangkau jari tangan anak. Anda juga disarankan untuk mengajari anak menggunakan rem tangan dengan benar. Pastikan anak Anda mengerem ban belakang dahulu. Akan berbahaya apabila anak langsung mengerem ban depan.

Utamakan Memilih Sepeda yang Material Rangkanya Ringan

Pertimbangkan juga material sepeda yang ringan untuk anak. Sepeda yang berat akan membuat anak mudah lelah saat mengayuhnya. Sayangnya, sepeda anak yang beredar di pasaran banyak yang terlalu berat bagi anak. Untuk itu, Anda harus cermat memperhatikan material penyusun rangkanya.

Pilihlah sepeda dengan rangka aluminium atau titanium. Bahan ini cukup ringan dan membuat anak merasa nyaman mengayuh dalam jarak yang cukup jauh. Namun, ada juga sepeda dengan kerangka baja yang cukup ringan karena memiliki roda dan komponen lain yang ringan juga. Sebisa mungkin, hindari sepeda dengan berat lebih dari 50% berat tubuh anak.

Pertimbangkan Fitur Tambahan yang Berguna untuk Anak

Fitur lain seperti pelindung rantai, bentuk dan warna sepeda, kemudahan untuk dibawa traveling juga bisa masuk ke dalam daftar pertimbangan Anda. Fitur tambahan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera anak.

Untuk Usia Balita, Sebaiknya Pilih yang Dilengkapi Pelindung Rantai

Terjadinya kecelakaan akibat rantai tanpa pelindung dapat menyebabkan anak terjatuh dan terluka. Jeruji sepeda juga sangat tidak aman jika dibiarkan terbuka tanpa pelindung ketika sepeda sedang dikayuh oleh anak.

Maka itu, demi keamanan, pastikan Anda memilih sepeda dengan pelindung rantai untuk anak balita. Fitur ini dapat mencegah kaki anak tergores rantai atau ujung celana anak tersangkut rantai.

Agar Anak Lebih Semangat, Pilih Bentuk dan Warna Sepeda Favoritnya

Saat ingin membelikan sepeda baru untuk anak, pastinya Anda ingin membuatnya senang dan semakin bersemangat, bukan? Oleh karena itu, pilih sepeda dengan bentuk dan warna yang disukainya. Untuk anak perempuan, biasanya mereka menyukai sepeda berwarna pastel yang manis dan disertai keranjang. Sedangkan untuk anak laki-laki, Anda bisa memilih sepeda bergambar tokoh kartun atau karakter super hero.

Namun, tentu saja tidak semua anak memiliki kesukaan yang sama. Jika ingin memberikan sepeda sebagai hadiah kejutan, pastikan Anda mengenal betul apa yang anak Anda sukai. Jika tidak, Anda bisa mengajak serta anak Anda ke toko sepeda dan biarkan ia sendiri yang memilih sepeda dengan bentuk dan warna favoritnya.

Pilih yang Bisa Dilipat agar Hemat Tempat dan Bisa Dibawa Travelling

Sumber: Uonibabytrike.com

Bagi Anda yang berencana membawa sepeda untuk travelling, atau agar hemat tempat saat disimpan, pertimbangkan sepeda yang bisa dilipat. Sepeda ini sangat praktis karena bisa dimasukkan ke dalam kendaraan sehingga mudah dibawa-bawa.

Ketika Anda tidak berencana menggunakannya dalam waktu cukup lama, Anda bisa melipat sepeda ini dan disimpan tanpa memakan banyak ruang.

10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik

Selanjutnya, akan kami sajikan sepuluh rekomendasi sepeda anak yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan anak!

1. Senator Extreme BMX

Sumber: Shopee.co.id

Tampak rapi dengan rem torpedo

Produk ini bisa menjadi pilihan jika Anda sedang mencari sepeda anak dengan sistem rem torpedo. Rem torpedo menjadikannya tidak memiliki banyak kabel seperti pada sepeda dengan rem tangan sehingga tampak rapi. Sepeda ini tersedia dalam empat pilihan warna yakni merah, hitam, biru, dan putih yang bisa dipilih sesuai selera anak.

Jenis Sepeda roda dua
Ukuran roda 20 inch
Material rangka Hi-Ten steel
Sistem pengereman ✔ | Rem torpedo
Pilihan warna Merah, biru, hitam, putih
Bisa dilipat
Cocok untuk usia 6 – 10 tahun
Kisaran harga Rp970.000

2. Uonibaby 4-in-1 Trike

Sumber: Uonibabytrike.com

Sepeda multifungsi yang bisa diubah hingga empat mode

Jika Anda sedang mencari sepeda anak yang multifungsi, Anda bisa memilih Uonibaby 4-in-1 Trike. Sepeda ini dapat digunakan oleh anak usia 1-5 tahun dengan fungsi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Produk ini bisa menjadi balance bike roda tiga, balance bike roda dua, sepeda roda tiga dengan pedal, hingga sepeda roda tiga dengan dorongan. Tidak hanya itu, sepeda ini juga sangat ringan dan dapat dilipat sehingga mudah untuk dibawa-bawa.

Jenis Balance bike (dapat diubah menjadi roda dua dan tiga)
Ukuran roda Tidak disebutkan
Material rangka Carbon steel
Sistem pengereman
Pilihan warna Kuning, merah, biru
Bisa dilipat
Cocok untuk usia 1,5 – 6 tahun
Kisaran harga Rp2.753.478

3. Family Flubber Roda Empat 16 Inch

Sumber: Family-trike.com

Dengan low-step frame memudahkan anak naik turun sepeda

Sedang mencari sepeda roda dua untuk anak perempuan usia 5 tahun ke atas? Sepeda dari Family ini bisa masuk daftar pertimbangan Anda. Dengan desain yang manis dan feminin, sangat pas untuk anak perempuan. Training wheels pada sepeda bisa dilepas saat anak sudah lancar mengayuh dengan seimbang.

Sepeda ini juga disertai keranjang cantik di bagian depan yang bisa digunakan untuk menaruh barang-barang kecil atau camilan selagi bersepeda. Dilengkapi dengan boncengan, anak bisa membonceng serta sang adik atau kawannya. Produk ini berdesain low-step frame sehingga anak bisa naik turun sepeda dengan mudah.

Jenis Sepeda roda dua (disertai training wheels)
Ukuran roda 16 inch
Material rangka Besi
Sistem pengereman ✔ | Rem tangan
Pilihan warna Merah muda
Bisa dilipat
Cocok untuk usia 5 – 8 tahun
Kisaran harga Rp1.000.000

4. London Taxi Kickbike

Sumber: Jefferys.co.id

Melatih keseimbangan anak dengan roda yang amat ringan

Jika Anda ingin membelikan balance bike untuk anak, kami rekomendasikan Anda London Taxi Kickbike. Memiliki roda yang amat ringan berbahan EVA polymer, anak bisa dengan mudah menggunakannya.

Sepeda ini sudah dilengkapi launchpad footrest terintegrasi sehingga kaki anak tidak pegal saat sepeda meluncur. Rangka bajanya yang kuat menjadikan balance bike ini cukup awet. Dengan delapan varian warna, Anda dapat memilih yang paling disukai anak.

Jenis Balancing bike
Ukuran roda 12 inch
Material rangka Welded steel
Sistem pengereman
Pilihan warna Light green, blue, red, white, orange, yellow, black, green
Bisa dilipat
Cocok untuk usia 2 – 5 tahun
Kisaran harga Rp1.216.000

5. BTWIN 500 Unicorn Pink

Sumber: Shopee.co.id

Desain yang aman untuk anak usia 3 sampai 5 tahun

Satu lagi sepeda untuk anak perempuan yang layak Anda pertimbangkan. BTWIN 500 Unicorn Pink memiliki warna dan bentuk yang sangat lucu untuk anak perempuan usia 3-5 tahun.

Di samping warna dan bentuknya yang lucu, desain sepeda ini juga aman untuk anak. Sistem rem tangan stop easy pada sepeda ini hanya memerlukan upaya pengereman 30% lebih sedikit dari rem pada umumnya. Rodanya pun menggunakan ban asli untuk kenyamanan dan keamanan mengatasi hambatan di jalan.

Jenis Sepeda roda dua (disertai training wheels)
Ukuran roda 14 inch
Material rangka 100% steel
Sistem pengereman ✔ | Rem tangan
Pilihan warna Pink
Bisa dilipat
Cocok untuk usia 3 – 5 tahun
Kisaran harga Rp1.795.000

6. United Bike Detroit SV 24”

Sumber: Unitedbike.com

Didesain untuk anak berjiwa petualang

Untuk anak yang senang bertualang menggunakan sepeda, Anda bisa memilihkan United Bike Detroit SV 24”. Sepeda ini dirancang untuk anak yang lebih besar berusia 8-12 tahun yang umumnya sudah mahir bersepeda.

Dengan rangka berbahan aluminium, sepeda ini cukup ringan dan nyaman dikayuh untuk jarak jauh. Anda yang hobi bersepeda bisa mengajak serta si kecil bergowes ria menggunakan sepeda ini.

Jenis Sepeda roda dua
Ukuran roda 24 inch
Material rangka Alloy
Sistem pengereman ✔ | Rem tangan (disc brake)
Pilihan warna Merah-hitam, abu-silver, abu-oranye
Bisa dilipat
Cocok untuk usia 8 – 12 tahun
Kisaran harga Rp3.050.000

7. Pacific Ventura XM 3.0 18”

Sumber: Pacific-bike.com

Grafis yang maskulin untuk anak laki-laki

Desain grafis berupa gambar lidah api pada sepeda keluaran Ventura ini kemungkinan bakal disukai anak Anda yang laki-laki. Bannya yang cukup lebar menjadikannya terasa empuk dan nyaman saat digunakan. Sepeda ini juga memiliki training wheels yang bisa Anda lepas-pasang sesuai kebutuhan.

Jenis Sepeda roda dua
Ukuran roda 18 inch
Material rangka Hi-Ten steel
Sistem pengereman ✔ | Rem tangan (V brake)
Pilihan warna Merah-hitam
Cocok untuk usia 5 – 8 tahun
Kisaran harga Rp1.150.000

8. Land Rover Trike

Sumber: Shop.landrover.com

Balance bike sekaligus sepeda roda tiga

Karena tidak memiliki pedal, balance bike kadang tidak digunakan lagi ketika anak sudah mampu menyeimbangkan diri di sepeda roda dua. Nah, Land Rover Trike tidaklah demikian. Sebab, selain berfungsi sebagai balance bike, produk ini juga bisa menjadi sepeda roda tiga!

Ketika anak sudah bosan atau mengalami kesulitan dengan balance bike, Anda dapat mengubahnya menjadi sepeda roda tiga. Anak pun bisa bersepeda dengan santai. Hanya dengan satu produk, Anda mendapatkan dua jenis sepeda yang bisa diganti-ganti. Terasa ekonomis, bukan?

Jenis Sepeda roda tiga, balance bike
Ukuran roda 10 inch
Material rangka Carbon steel
Sistem pengereman
Pilihan warna Merah-hitam, tectonic grey-rush orange
Bisa dilipat
Cocok untuk usia 2 – 5 tahun
Kisaran harga Rp1.999.000

9. Polygon Coastal 20”

Sumber: Polygonbikes.com

Bobot ringan dengan desain sederhana

Bagi Anda yang mencari sepeda anak dengan desain sederhana dan minim biaya perawatan, Polygon menawarkan seri Coastal 20 inci. Sepeda ini memiliki sistem rem tangan sederhana. Absennya operan gigi membuat sepeda ini tak memerlukan extra treatment. Rangkanya sendiri berbahan alloy sehingga ringan saat dikayuh.

Jenis Sepeda roda dua
Ukuran roda 20 inch
Material rangka Alumunium alloy
Sistem pengereman ✔ | Rem tangan (V brake)
Pilihan warna Putih-abu-tosca
Bisa dilipat
Cocok untuk usia 6 – 10 tahun
Kisaran harga Rp1.675.000

10. Doona Liki Trike S5

Sumber: Shopdoona.com

Mudah dilipat, sangat cocok untuk travelling

Meski harus merogoh kocek agak dalam, Doona Liki Trike S5 layak dimiliki untuk Anda yang hobi travelling bersama anak. Desainnya yang mudah dilipat memudahkannya dijinjing dan disimpan di dalam mobil bahkan pesawat. Sepeda ini juga terbuat dari bahan berkualitas tinggi sehingga awet dan tahan lama.

Selain itu, Doona melengkapi sepeda unggulannya ini dengan pelindung sinar matahari, sandaran, dan dorongan yang bisa dilepas-pasang sesuai kebutuhan. Saat anak sudah bisa mengayuh sendiri, Anda bisa lepas tongkat pendorongnya, lalu biarkan si kecil menjelajah di bawah pantauan Anda!

Jenis Sepeda roda tiga
Ukuran roda Tidak disebutkan
Material rangka High grades of fiber-reinforced polymers, rust-free aluminum
Sistem pengereman
Pilihan warna Racing green, nitro black
Bisa dilipat
Cocok untuk usia 10 bulan – 3 tahun
Kisaran harga Rp5.499.000

Kesimpulan

Dari sekian banyak pilihan sepeda anak di pasaran, kami telah mempersempitnya menjadi sepuluh produk untuk memudahkan Anda menentukan pilihan. Dari sepuluh produk rekomendasi kami, manakah yang cocok Anda?

Pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anak. Semoga artikel ini dapat membantu mengatasi kebingungan Anda dalam memilih sepeda anak!

Sanofi IA x PickyBest

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *