Fashion

10 Rekomendasi Sling Bag Terbaik untuk Pria

Sanofi IA x PickyBest

Meski merupakan fashion item zaman dulu, sling bag menemukan momentumnya untuk kembali diminati. Harus diakui, fungsionalitasnya memang dibutuhkan pria modern yang membawa banyak barang tiap kali bepergian. Tipe barang-barang kecil yang tidak muat ditaruh di saku, pun terlalu kecil dan tak praktis bila dimasukkan tas besar. Apakah Anda salah satu yang membutuhkan sling bag terbaik untuk pria?

XD Design, Eiger, dan AER adalah beberapa merek sling bag berkualitas. Agar terhindar dari produk abal-abal, kami akan menjelaskan cara memilihnya di artikel ini. Selain itu, kami juga mengumpulkan sepuluh sling bag terbaik versi PickyBest. Simak sama-sama dan temukan produk pilihan Anda, yuk!

Cara Memilih Sling Bag untuk Pria

Memilih sling bag tidak sesederhana yang Anda pikir. Supaya lebih fungsional dan awet, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya jenis sling bag itu sendiri, ukuran, material, ketahanan air, keleluasaan mengatur strap, dan ada tidaknya fitur antimaling.

Pilih Jenisnya sesuai Preferensi Gaya Anda

Pada dasarnya ada dua varian sling bag, yaitu vertikal dan horizontal. Pengkategorian ini mengikuti bentuknya. Vertikal berarti meninggi, sedangkan horizontal melebar. Fungsionalitasnya kurang lebih sama. Sebab itu, pilihlah berdasarkan preferensi dan kenyamanan Anda.

Sling Bag Vertikal

Sumber: Int.pacsafe.com

Sling bag vertikal bentuknya mirip seperti tas ransel mini. Tatanan kompartemennya pun mirip, terdiri dari kantong utama dan kantong tambahan. Desain ini memungkinkan tersedianya ruang yang cukup lapang pada tiap kantong. Alhasil, cocok memuat benda-benda yang ukurannya besar atau benda-benda kecil dalam jumlah banyak.

Kendati begitu, jumlah kantong yang lebih sedikit membatasi keleluasaan untuk menata barang. Jika Anda termasuk orang yang membawa banyak barang di tas ini, dampaknya Anda mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk menemukan barang yang dicari.

Tipe ini disukai sebagian orang karena tidak menempel ketat di badan, menjadikannya leluasa untuk orang yang berbadan kurus maupun gemuk. Strap-nya pun biasanya lebih kecil sehingga tidak membatasi gerak tubuh. Ketika perlu mengambil barang, Anda dapat memutarnya ke depan dengan mudah.

Sling Bag Horizontal

Sumber: Aersf.com

Dengan bentuk yang memanjang, sling bag horizontal sepintas terlihat seperti fanny pack dan duffel bag ukuran mini. Kantong yang tersedia pun cukup banyak untuk memudahkan penataan barang. Anda dapat mengambil barang lebih mudah dan cepat karena jalur ritsletingnya lurus, tidak seperti sling bag horizontal yang jalurnya melengkung sehingga rawan tersendat kalau ditarik cepat.

Sling bag horizontal umumnya menggantung ketat di badan. Tidak berayun-ayun, sehingga lebih nyaman untuk dipakai olahraga. Didukung pula dengan strap lebar yang adjustable agar memastikan posisinya mantap tanpa membuat sesak. Ketika perlu mengambil barang, tas dapat diputar ke arah dada dengan leluasa.

Sesuaikan Ukurannya dengan Kebutuhan

Sumber: Xd-design.com

Seperti telah disinggung di awal, sling bag menjadi penengah antara saku pakaian dan tas besar. Artinya, ukurannya tidak boleh kekecilan maupun kebesaran. Tentu, ukuran ini bersifat relatif pada tiap orang. Diri Anda sendirilah yang tahu seberapa besar ukuran sling bag yang Anda butuhkan.

Produsen umumnya menuliskan dimensi tas pada spesifikasi produk. Pastikan dimensi benda terbesar yang perlu Anda masukkan ke sling bag tidak lebih besar dari dimensi tersebut. Tapi, dimensi saja sebenarnya tidak memberi gambaran akurat tentang ukuran benda yang bisa dimasukkan ke tas. Pasalnya, ukuran kantong-kantong yang ada di sling bag tersebut belum tentu ukurannya sama.

Atas dasar itu, Anda dapat mencari tahu juga volume produk, yang diukur dalam liter. Angka ini lebih relevan untuk memberi gambaran terhadap permasalahan tadi. Sayangnya, banyak produsen—terutama pada produk-produk murah—yang tidak memberitahu volume produknya. Jika menemukan yang seperti ini, jangan ragu untuk menanyakan volumenya dulu kepada penjual.

Pastikan Tas Terbuat dari Bahan Berkualitas

Sumber: Chromeindustries.com

Karena sling bag menjadi bagian dari penampilan yang membentuk identitas Anda, janganlah pelit untuk membeli yang terbuat dari bahan berkualitas, sekalipun harganya lebih mahal. Jangan sampai demi menghemat sedikit uang, sling bag yang Anda beli sudah rusak kurang di tahun pertamanya.

Lantas bahan seperti apa yang bagus untuk sling bag? Seperti tas jenis lain, sling bag juga banyak terbuat dari nilon. Sifatnya yang lentur, enteng, kuat dan tidak mahal membuatnya sering dipakai baik pada sling bag murah ataupun mahal. Tidak jarang, nilon dicampur dengan bahan lain untuk membuatnya lebih kuat lagi.

Salah satu jenis nilon yang sering diadopsi oleh sling bag berkualitas adalah ballistic nylon. Pada awalnya, militer merancang nilon ini untuk membuat armor anti peluru. Tidak heran, permukaannya sangat tebal dan kuat. Walau begitu, setelah digantikan kevlar karena material ini ternyata tidak berhasil memenuhi tujuan aslinya, ia lantas diadopsi oleh fashion.

Selain nilon, material lain yang paling sering digunakan sebagai bahan dasar sling bag adalah poliester. Material ini lebih berat dan tidak kalah kuat dari nilon. Harganya pun lebih murah. Alhasil, Anda akan sering menemukannya pada sling bag yang harganya terjangkau. Berkat sifatnya yang hidrofobik, poliester menyerap lebih sedikit air dibanding nilon.

Di produk yang agak mahal, Anda akan menemukan nilon atau poliester CORDURA. CORDURA adalah brand yang menetapkan standar kualitas bahan. Jika nilon atau poliester sebuah produk memiliki grade CORDURA, maka dapat dipastikan kualitasnya adalah yang paling unggul.

Jika Perlu, Pilih yang Tahan Air

Sumber: Peakdesign.com

Barang-barang yang ditaruh di sling bag tentu sangat penting, seperti smartphone yang menunjang komunikasi, ataupun dompet yang memuat uang tunai dan kartu identitas. Kalau sampai rusak karena basah kehujanan, urusannya bisa repot. Sebab itu, utamakan sling bag yang tahan air.

Namun, sifat tahan air ini ada tingkatannya. Pertama, ada yang disebut water resistant. Di level ini, bagian luar sling bag mampu menahan penetrasi air, tapi tidak sepenuhnya. Kalau sekadar kehujanan sedikit, air mestinya tidak akan merembes ke dalam. Tetapi kalau tercebur ke kolam atau genangan, airnya bisa masuk.

Di tingkat kedua ada water repellent. Artinya, permukaan tas bersifat hidrofobik sehingga tidak gampang basah. Efek ini muncul karena pengaplikasian coating durable water repellent (DWR). Hasilnya, tas dapat menahan air dalam jumlah tertentu. Jika terpaan air lebih banyak dari jumlah yang mampu ditahan, maka akan rembes juga.

Sifat tahan air yang tertinggi adalah waterproof. Di tingkat ini tas dapat sepenuhnya menahan air karena menggunakan kain khusus yang tidak memiliki lubang. Bagian ritsleting pun didesain khusus agar air tidak dapat merembes dari sela-sela giginya. Walaupun Anda kehujanan lebat ataupun tercemplung ke kolam, permukaan tas tidak akan tembus air.

Apakah dari sini Anda berpikir bahwa sling bag yang waterproof adalah yang terbaik? Jawabannya, belum tentu. Bila hujan, Anda tentu akan membuka payung atau memakai jas hujan, bukan? Sling bag Anda pun otomatis ikut terhindar dari paparan air. Itu sebabnya Anda tidak perlu mengutamakan sling bag yang waterproof. Yang penting tetap tahan air, sekalipun hanya di level water-resistant.

Supaya Tenang saat Traveling, Pilih yang Dilengkapi Fitur Antimaling

Sumber: Int.pacsafe.com

Anda yang hobi traveling pasti sudah paham tingginya risiko kecopetan di tempat wisata. Karena perhatian yang tersedot ke objek wisata, menjaga kewaspadaan di tengah kerumunan menjadi hal yang sulit. Sebab itu, agar barang-barang Anda selalu aman, pertimbangkan untuk memilih sling bag yang dilengkapi fitur antimaling.

Ada banyak jenis fitur antimaling yang bisa diimplementasikan ke sling bag. mulai dari penggunaan material slash resistant. Material seperti ini memakai standar militer sehingga jauh lebih kuat dibanding bahan biasa. Alhasil, permukaan tas tidak bisa disobek oleh maling menggunakan benda tajam. Prinsip yang sama juga kerap diimplementasikan di strap, terutama pada sling bag horizontal yang strap-nya kecil.

Terdapat pula fitur antimaling radio frequency identification (RFID)-blocking. Fitur ini sangat bermanfaat jika Anda memiliki kartu contactless seperti e-Money dan sejenisnya. Teknologi RFID pada kartu menyimpan identitas diri dan saldo kita. Saat bertransaksi, kartu tinggal didekatkan ke scanner dan saldo akan terpotong secara otomatis.

Akibat cara kerjanya yang mengandalkan sinyal radio tadi, teknologi ini kerap disalahgunakan oleh hacker untuk melakukan transaksi tanpa sepengetahuan kita. Di skenario terburuk, identitas kita pun dapat dicuri. Di sinilah fungsinya RFID-blocking. Jadi, saat kita menaruh kartu di dalam tas, teknologi ini akan memblok sinyal radio yang berusaha mengakses kartu.

Selain dua teknologi di atas, terdapat pula fitur antimaling sederhana seperti klip penyatu kepala ritsleting agar tidak bisa ditarik, ritsleting yang posisinya tersembunyi, hingga kantong tersembunyi untuk menyimpan benda-benda yang lebih penting.

Agar Menyesuaikan Bentuk Tubuh, Pastikan Strap-nya Bisa Diatur

Sumber: Aersf.com

Supaya lebih nyaman diselempangkan di tubuh, pastikan panjang strap-nya bisa diatur. Meski terdengar sepele, hal ini sangat esensial. Pasalnya, Anda akan mengenakan sling bag sepanjang hari selama bepergian. Jika strap-nya tak bisa diatur dan kebetulan terlalu sempit, dada Anda bisa sesak.

Untungnya, semua sling bag berkualitas yang beredar pasti strap-nya dapat diatur. Sebab itu, aspek ini perlu diperhatikan bila Anda mencari sling bag yang harganya murah. Kalau ragu apakah strap-nya bisa disesuaikan, jangan ragu untuk menanyakannya ke penjual, ya!

10 Rekomendasi Sling Bag Terbaik untuk Pria

Setelah paham cara memilihnya, berikut ini telah kami kumpulkan sepuluh sling bag terbaik dari berbagai merek. Harganya pun bervariasi, jadi Anda dapat menyesuaikannya dengan budget.

1. XD Design Bobby Sling Crossbody

Sumber: Xd-design.com

Dilengkapi fitur antimaling yang lengkap

Body Sling Crossbody dari XD Design ini merupakan salah satu sling bag terbaik di pasaran. Bagaimana tidak, desainnya yang keren dan sporty, diperlengkap oleh fitur antimalingnya yang canggih, mulai dari materialnya yang antisobek, kantong khusus RFID-blocking, serta ritsleting yang tersembunyi.

Selain itu, tas ini juga tahan air. Lupa bawa payung di musim hujan, kini tidak lagi jadi masalah. Menyenangkannya lagi, kesempurnaan ini dapat Anda bawa pulang dengan merogoh kocek di bawah satu juta!

Jenis Vertikal
Bahan Tidak disebutkan
Tahan air
Antimaling
Ukuran 21 x 9 x 32,5 cm
Kisaran harga Rp850.000

2. XD Design Urban Cut Proof Bumbag

Sumber: Xd-design.com

Dapat dikenakan sebagai tas pinggul

XD Design nampaknya memang memberi perhatian lebih pada departemen kemanan tiap sling bag buatannya. Di produk satu ini pun, terimplementasi fitur antimaling yang lengkap. Berkapasitas 1 liter, Urban Cut Proof Bumbag dapat memuat seluruh barang penting Anda, mulai dari dompet, smartphone, maupun rokok atau vape.

Uniknya lagi, sling bag ini juga dapat dikenakan di pinggul. Alhasil, walau digunakan setiap hari, penampilan Anda takkan jadi monoton.

Jenis Horizontal
Bahan Tidak disebutkan
Tahan air
Antimaling
Ukuran 35,5 x 16,5 x 6 cm
Kisaran harga Rp650.000

3. Peak Design Everyday Sling

Sumber: Peakdesign.com

Teman setia fotografer sejati

Kalau Anda seorang fotografer, Anda tentu sering membawa kamera. Daripada pakai tas terpisah untuk kamera, pilih saja sling bag ini yang selain memuat barang-barang kecil, juga muat untuk kamera kesayangan.

Hadir dengan tiga ukuran, Anda tinggal sesuaikan saja mana yang pas dengan kamera Anda. 3 liter untuk kamera mirrorless, 6 liter untuk DSLR, dan ada pula kapasitas 10 liter yang dapat memuat laptop 13 inci!

Jenis Horizontal
Bahan Tidak disebutkan
Tahan air
Antimaling ×
Ukuran 18,8 x 30,5 x 10,9 cm
Kisaran harga Rp1.800.000

4. Theodor Sling Bag Larsen Black

Sumber: Tokopedia.com

Sling bag water repellent murah meriah

Budget Anda tipis? Kalau begitu, sasar saja sling bag dari Theodor ini. Meski terjangkau, kualitasnya tergolong baik. Hal ini nampak dari bahan poliester yang diberi polyurethane coating. Hasilnya, tas menjadi water repellent, ringan, dan kuat. Kendati begitu, ukuran produk ini agak kecil. Jadi, pastikan barang bawaan Anda tidak kebanyakan, ya!

Jenis Vertikal
Bahan PU coated fabric
Tahan air
Antimaling ×
Ukuran 16 x 5 x 20 cm
Kisaran harga Rp79.000

5. AER Day Sling 2

Sumber: Aersf.com

Memiliki kantong tambahan khusus tablet

Anda yang berprofesi sebagai seniman digital mungkin ingin membawa tablet saat bepergian. Agar ketika inspirasi brilian terlintas di kepala, Anda dapat segera mewujudkan sketsanya. Jika demikian, Anda dapat coba AER Day Sling 2.

Di kantong utama sling bag ini, terdapat kantong tambahan untuk tablet ukuran 7,9 inci. Anda pun tidak perlu khawatir tabletnya rusak terkena air saat kehujanan. Sebab, Day Sling 2 memakai material 1680D Cordura ballistic nylon yang water resistant untuk permukaan luarnya

Jenis Horizontal
Bahan 1680D Cordura ballistic nylon exterior
Tahan air
Antimaling ×
Ukuran 32 x 15 x 7,5s cm
Kisaran harga Rp1.360.000

6. Chrome Industries Kadet Sling Bag

Sumber: Chromeindustries.com

Pokoknya muat untuk semua!

Jika Anda hobi menghadiri festival musik, sling bag ini bisa jadi pilihan. Pasalnya, ukurannya cukup besar tapi tak kebesaran. Tas ini muat untuk menaruh segala barang-barang kecil yang penting, maupun yang agak besar seperti tablet, kamera, botol minum dan camilan. Alhasil, semua hal yang Anda butuhkan dapat diakses dengan mudah dan cepat. Nonton konser pun jadi lebih menyenangkan!

Jenis Horizontal
Bahan Nylon laminate
Tahan air
Antimaling ×
Ukuran 20,3 x 43,2 x 10,2 cm
Kisaran harga Rp1.311.000

7. Pacsafe Metrosafe LS150 Anti-Theft Sling Pack

Sumber: Int.pacsafe.com

Travelling aman dan nyaman dengan fitur antimaling yang lengkap

Jadikan liburan Anda lebih aman dan nyaman dengan Pacsafe Metrosafe LS150 yang muat semua barang penting pada tiap kantong yang tersedia. Di kantong utama, Anda bisa menaruh tablet dan benda besar lainnya. Sedangkan barang yang lebih kecil di kantong depan. Tidak perlu khawatir, meski disampirkan ke belakang pun, barang Anda dijamin aman berkat fitur antimalingnya yang sangat lengkap.

Jenis Vertikal
Bahan 210D nylon
Tahan air ×
Antimaling
Ukuran 32 x 22 x 7 cm
Kisaran harga Rp1.039.000

8. Patagonia Atom Sling 8L

Sumber: Patagonia.com

Cocok dipakai untuk hiking dan kegiatan outdoor lainnya

Pencinta alam yang hobi naik gunung akan menyukai desain Patagonia Atom yang memberikan nuansa outdoor kuat. Tidak hanya tampangnya, fungsionalitasnya juga dibangun dengan pendekatan outdoor. Misalnya, penambahan kantong khusus smartphone pada strap utama, serta strap tambahan untuk mengikat jaket. Kapasitas 8 liter yang ditawarkan pun cukup lega untuk menaruh kamera sekalipun.

Jenis Vertikal
Bahan Nylon dan polyester
Tahan air
Antimaling ×
Ukuran 43 x 25 x 8 cm
Kisaran harga Rp719.000

9. Osprey Daylite Sling

Sumber: Osprey.com

Serbaguna untuk segala momen dan aktivitas

Sling bag buatan Osprey ini tidak terikat oleh momen atau aktivitas tertentu. Apa pun momennya, sling bag ini akan selalu nyaman dipakai. Indoor ataupun outdoor, semua bisa. Tinggal pilih warna dan estetika yang cocok dengan gaya Anda. Osprey juga mengeklaim produknya ini akan awet bertahun-tahun meski digunakan setiap hari. Dengan harganya yang hanya 600 ribuan, tentu ini menjadi penawaran yang menarik!

Jenis Vertikal
Bahan Polyester
Tahan air
Antimaling ×
Ukuran 36 x 22 x 13 cm
Kisaran harga Rp650.000

10. Eiger Herald 5l V Cross Sling Bag Shoulder Bag

Sumber: Eigeradventure.com

Dilengkapi detail reflektif yang memantulkan cahaya di tempat gelap

Bila Anda sering berkendara naik sepeda motor di malam hari, sling bag Eiger ini dilengkapi fitur keamanan yang cukup membantu. Terdapat detail reflektif yang memantulkan cahaya di keadaan gelap. Alhasil, pengendara di belakang Anda akan lebih awas.

Meski tidak ditambahi fitur antiair dan antimaling, produk ini tetap layak Anda pertimbangkan. Apalagi mengingat harganya yang hanya 200 ribuan. Pas di kantong mahasiswa maupun pelajar!

Jenis Vertikal
Bahan Polyester
Tahan air ×
Antimaling ×
Ukuran 35,5 x 16,5 x 6 cm
Kisaran harga Rp249.000

Tabel Perbandingan Sling Bag untuk Pria

Kesimpulan

Apakah Anda naksir dengan salah satu produk di atas? Jangan terburu-buru, pastikan untuk selalu mempertimbangkan aspek seperti jenis sling bag itu sendiri, ukuran, material, ketahanan air, keleluasaan mengatur strap, dan fitur antimalingnya.

Kalau masih bingung, intinya pilih saja sling bag yang ukurannya cukup untuk memuat barang-barang Anda. Tentu pastikan pula harganya pas dengan budget. Mudah-mudahan sling bag pilihan Anda awet, ya!

Sanofi IA x PickyBest
Referensi

Best Sling Bag: How To Pick In 2021
https://packhacker.com/guide/best-sling-bag/ diakses pada 9 April 2021

Top 20 Best Buy Sling Bags in 2021
https://www.divein.com/sling-bag/ diakses pada 9 April 2021

13 Best Sling Bags: Top Men EDC Backpacks (2020 Guide)
https://luxe.digital/lifestyle/style/best-sling-bags/ diakses pada 9 April 2021

Do Anti-Theft Bags Actually Help Prevent Theft?
https://www.zoomlite.com.au/blogs/news/do-anti-theft-bags-actually-help-prevent-theft diakses pada 9 April 2021

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *