Komputer & Gadget

10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik

Sanofi IA x PickyBest

Tablet Android memiliki posisi yang spesial karena mewadahi fungsi laptop dan smartphone sekaligus. Untuk bekerja, bermain, dan komunikasi, semua bisa dilakukan olehnya. Sistem operasi Android juga menyediakan segudang software yang lengkap untuk memastikan segala jenis pekerjaan dapat dilakukan di tablet.

Ada banyak pilihan brand tablet Android di pasaran, seperti Samsung, Huawei, hingga Lenovo. Bila Anda bingung memilihnya, kami menjelaskan cara memilih tablet Android di artikel ini. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda coba. Ayo, kita bahas bersama!

Cara Memilih Tablet Android

Supaya mendapatkan tablet Android yang pas di budget dan cocok untuk jenis kebutuhan, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari subkomponen chipset, kapasitas storage, ukuran layar, daya tahan baterai, dan aksesori tambahannya.

Perhatikan Subkomponen Chipset-nya supaya Pas dengan Kebutuhan

Berbeda dari komputer, komponen di dalam tablet terintegrasi ke dalam sebuah chipset atau system on chip (SoC). Agar tablet yang Anda beli pas untuk berbagai kebutuhan, Anda perlu mempelajari subkomponen chipset dari tablet yang Anda sasar. Pastikan kapabilitasnya cukup untuk jenis pekerjaan yang mau Anda lakukan di tablet.

Pilih yang Memakai Prosesor Multicore agar Leluasa Multitasking

Anda tentu menginginkan tablet yang beroperasi tanpa lag, terutama saat sedang menjalankan banyak program atau multitasking. Salah satu aspek yang berpengaruh di sini adalah jumlah core pada prosesor. Semakin banyak core-nya, maka efisiensi saat multitasking pun semakin baik.

Jika budget Anda fleksibel, pilihan tablet dengan prosesor empat core (quad-core) sudah lebih dari cukup. Namun, untuk Anda yang punya budget ekstra, tablet high-end keluaran terbaru saat ini kebanyakan sudah pakai delapan (octa) atau bahkan sepuluh (deca) core.

Perlu diingat, jumlah core tidak lantas memastikan tablet menjadi lebih kencang. Seperti dijelaskan di awal, jumlah core praktis hanya berkaitan dengan performa multitasking saja. Soal kekencangan performa, faktor yang lebih berpengaruh adalah clock speed dari prosesor itu sendiri dan kapasitas random access memory (RAM).

Untuk Task Berat, Pilih yang Clock Speed-nya Besar

Clock speed menunjukkan kecepatan prosesor dalam menyelesaikan tugas yang diinstruksikan. Makin cepat clock speed, makin kencang pula performa tablet. Pada prosesor multicore, tiap core punya clock speed sendiri-sendiri yang kemudian dikombinasikan untuk menghasilkan clock speed total dari prosesor tersebut.

Clock speed total yang direkomendasikan untuk pemakaian standar adalah minimal 2 gigahertz (GHz). Jika tablet Anda akan dipakai untuk tugas berat seperti gaming, maka lebih ideal memilih tablet dengan prosesor 3 GHz ke atas.

Pastikan Kapasitas RAM Mencukupi

Jika Anda sudah akrab dengan komputer, tentu Anda memahami bahwa semakin besar kapasitas RAM, semakin kencang juga performa device. Namun apabila budget Anda terbatas, paling tidak tablet yang Anda memiliki setidaknya RAM 3 GB agar tetap nyaman dipakai.

Tablet dengan RAM di bawah itu juga bisa jadi opsi untuk anak-anak yang hanya mengakses YouTube dan tidak main gim berat. Sebaliknya, kalau budget Anda lebih, tentu tablet yang kapasitas RAM-nya di atas 3 GB akan menawarkan peningkatan performa yang jauh.

Pilih yang Storage-nya Besar untuk Menyimpan Lebih Banyak Data

Jika Anda hendak menginstal banyak aplikasi, terutama yang ukurannya besar seperti gim, maka Anda memerlukan storage yang besar pula. Sebab jelas, ukuran gim mobile modern ini nyaris tak ada bedanya dengan gim PC. Apalagi, mengingat tambahan update rutin akan membuat ukurannya makin membengkak.

Tablet high-end umumnya telah dibekali storage ekstra besar, kisaran 128 hingga 256 gigabyte (GB). Sedangkan tablet menengah ke bawah menyediakan storage 16, 32, atau 64 GB. Jika tersedia beberapa opsi produk pada range harga Anda, pilihlah yang storage-nya paling besar.

Sesuaikan Ukuran Layar dengan Kebutuhan

Bila Anda mau kerja di tablet, tentu layar yang terlalu kecil bakal membuat mata Anda sakit. Sebaliknya, kalau Anda hanya mau streaming Youtube, Anda tidak membutuhkan tablet yang layarnya sebesar monitor laptop.

Tablet ukuran 10 inci normalnya sudah cukup besar untuk melakukan beragam tugas dengan leluasa. Jika masih kurang, Anda bisa ambil yang 12 inci untuk memberi tampilan lebih luas. Selain itu, Anda juga dapat memilih yang bezel atau bingkainya tipis agar ketika Anda menonton film atau main gim, visualnya terasa lebih imersif.

Supaya Tidak Kehabisan Baterai di Luar Ruangan, Pilih yang Daya Tahan Baterainya Lama

Tablet adalah perangkat portabel, maka itu Anda perlu beri perhatian juga pada baterainya. Pastikan baterai tablet pilihan Anda memiliki daya tahan yang lama. Dengan begitu, Anda bisa membawa tablet bepergian seharian tanpa perlu isi ulang daya sampai pulang ke rumah.

Pilihlah tablet yang baterainya mampu menunjang penggunaan normal hingga 8 sampai 10 jam. Besaran kapasitasnya relatif pada setiap tablet. Dipengaruhi oleh komponen lainnya. Sistem yang lebih canggih perlu ditunjang oleh baterai berkapasitas lebih besar. Untuk mendapatkan gambaran yang representatif, Anda bisa mempelajari ulasan demonstratif tiap produk yang bertebaran di internet.

Periksa Aksesori Bawaan pada Paket Penjualan agar Makin Hemat

Tidak jarang Anda bisa menemukan tablet yang dilengkapi aksesori bawaan pada paket penjualannya. Aksesori bawaan ini dapat berasal dari produsen aslinya, ataupun bonus promo dari toko. Untuk tablet, aksesori yang cukup esensial, selain yang sudah pasti ada seperti charger dan sejenisnya, adalah screen protector, cover, stylus pen, dan keyboard.

Jika Anda dihadapkan dengan beberapa pilihan produk yang berbeda tipis dari segi spesifikasi dan harga, aspek ini barangkali bisa menjadi penentu. Untuk itu, kami sarankan Anda untuk selalu cermat dalam mempertimbangkan setiap penawaran.

10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik

Selanjutnya, kami pilihkan sepuluh tablet Android sebagai bahan pertimbangan Anda. Tentukan produk yang paling tepat sesuai kebutuhan dan budget Anda, ya!

1. Huawei MatePad Pro

Sumber: Consumer.huawei.com

Dibekali chipset Huawei Kirin 990 untuk performa di atas rata-rata

Tablet Huawei paling canggih ini dibanderol di harga tinggi bukan tanpa alasan. Dari sisi hardware, produk ini sudah dibekali chipset Huawei paling mutakhir, Kirin 990. Performa yang dihasilkan sangat baik, bahkan untuk memainkan gim-gim berat seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact dengan setting rata kanan!

Dari segi software, meskipun tidak mendukung Google Mobile Service (GMS), Anda tetap bisa mengunduh aplikasi favorit dari katalog lengkap yang disediakan Huawei. Menariknya lagi, sudah terdapat keyboard magnetik dan stylus pen dalam paket penjualan tablet ini.

Chipset HUAWEI Kirin 990
Prosesor Octa-core (2 x Cortex-A76 Based 2.86 GHz + 2 x Cortex-A76 Based 2.36 GHz + 4 x Cortex-A55 Based 1.95 GHz)
RAM 8 GB
Storage 256 GB
Kapasitas baterai 7250 mAh
Aksesori bawaan HUAWEI Smart Magnetic Keyboard, HUAWEI M-Pencil
Ukuran layar 10,8 inci
Kisaran harga Rp10.499.000

2. Samsung Galaxy Tab A

Sumber: Samsung.com

Tablet ideal untuk buah hati tersayang!

Samsung Galaxy Tab A adalah produk rilisan 2019 sehingga sistemnya mungkin sudah agak ketinggalan dibanding tablet rilisan terbaru. Meski begitu, hal ini justru membuatnya menarik karena sangat cocok dijadikan tablet utama untuk anak-anak.

Samsung menyematkan program Samsung Kids Home untuk memastikan experience yang menyenangkan dan aman untuk buah hati Anda. Anda bisa memonitor penggunaan tablet dan lama waktu bermain lewat fungsi parental control-nya.

Chipset Qualcomm Snapdragon 429
Prosesor Quad-core 2.0 GHz Cortex A53
RAM 2 GB
Storage 32 GB
Kapasitas baterai 5100 mAh
Aksesori bawaan Tidak disebutkan
Ukuran layar 8 inci
Kisaran harga Rp1.999.000

3. Advan Sketsa

Sumber: Advanindonesia.com

Harga hanya dua jutaan, tapi sudah dilengkapi stylus digital yang pressure sensitive

Anda yang baru mau belajar desain grafis tapi segan memakai pen tablet karena tidak nyaman menggambar dengan layar terpisah, dan belum ada dana untuk beli graphic tablet, akan menyukai Advan Sketsa. Di harganya yang hanya dua jutaan, produk ini sudah dilengkapi stylus digital yang punya pressure sensitivity.

Pengalaman menggambar di tablet ini, meskipun tidak bisa disamakan dengan graphic tablet level profesional, cukup memuaskan. Memilih tablet ini sama sekali bukan pilihan buruk untuk Anda yang masih pemula atau baru coba-coba menggunakan tablet.

Chipset UNISOC SC9863
Prosesor Octa Core 1.6GHz
RAM 4 GB
Storage 32 GB
Kapasitas baterai 6000 mAh
Aksesori bawaan Stylus pen, flipcase
Ukuran layar 10,1 inci
Kisaran harga Rp2.599.000

4. Evercoss Etab 10 Prime

Sumber: Shopee.co.id

Solusi penunjang pembelajaran anak sekolah

Evercoss Etab 10 Prime adalah solusi tablet murah meriah untuk pelajar maupun pekerja remote yang sering teleconference. Tablet sederhana ini memang hanya dibanderol di bawah dua juta rupiah saja. Sangat ramah untuk kantong pelajar sekalipun.

Dibekali prosesor kompeten UNISOC SC9863A, tablet karya anak bangsa ini punya performa cukup baik untuk menunjang multitasking ringan. Kapasitas baterainya pun relatif cukup besar untuk memastikannya bisa terus dipakai seharian tanpa isi daya.

Chipset UNISOC SC9863A
Prosesor Octa Core 1.6GHz
RAM 3 GB
Storage 32 GB
Kapasitas baterai 5500 mAh
Aksesori bawaan Soft case, screen protector
Ukuran layar 10 inci
Kisaran harga Rp1.899.000

5. Lenovo Yoga Book

Sumber: Lenovo.com

Tablet kelas menengah yang asyik buat menggambar

Lenovo Yoga Book terkesan lebih mirip laptop convertible karena memiliki papan ketik yang menempel dengan bodi. Uniknya, papan ketik ini lebih fungsional karena bisa dipakai menggambar dengan stylus. Tentu saja, seperti tablet biasa, layarnya juga touchscreen dan cocok untuk dipakai menggambar.

Saat tidak dibutuhkan, interface keyboard bisa menghilang dan papan bisa dipakai untuk stylus pen, menghasilkan cara penggunaan mirip seperti pen tablet. Tablet ini sangat cocok sebagai device portabel untuk desainer grafis yang senang corat-coret saat bepergian.

Chipset Intel Atom x5-Z8550
Prosesor Quad-Core 2.4 GHz
RAM 4 GB
Storage 64 GB
Kapasitas baterai 8500 mAh
Aksesori bawaan Real Pen stylus dengan 3 tinta isi ulang, Book Pad
Ukuran layar 10,1 inci
Kisaran harga Rp7.998.000

6. Samsung Galaxy Tab A7

Sumber: Samsung.com

Memiliki empat buah speaker untuk output audio yang apik

Movie enthusiast atau cinephile bakal menikmati streaming film dari tablet satu ini. Bagaimana tidak, Samsung Galaxy Tab A7 dibekali empat speaker berteknologi surround sound dari Dolby Atmos. Kualitas audio super apik pun dihasilkan! Layarh jernih dengan bezel tidak terlalu tebal memberikan pengalaman menonton luar biasa.

Bodi tablet asal Korea Selatan ini tipis dan bobotnya pun ringan. Anda bisa menonton sambil tiduran di kasur tanpa khawatir kehilangan genggaman. Didukung baterai berkapasitas besar, Anda dapat maraton serial televisi favorit sepanjang malam tanpa khawatir kehabisan baterai!

Chipset Qualcomm Snapdragon 662
Prosesor Octa-core (4 x 2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4 x 1.8 GHz Kryo 260 Silver)
RAM 3 GB
Storage 32 GB
Kapasitas baterai 7040 mAh
Aksesori bawaan Tidak disebutkan
Ukuran layar 10,4 inci
Kisaran harga Rp4.999.000

7. Huawei MatePad T10s

Sumber: Consumer.huawei.com

Kualitas musik penuh detail lewat sistem audio yang di-tuning Harman Kardon

Kami punya satu lagi tablet yang mumpuni pada aspek audio. Huawei Matepad T10s dibekali dua buah speaker yang di-tuning oleh Harman Kardon. Artinya, kualitas audio tablet ini ada di atas rata-rata. Anda tidak butuh headphone tambahan untuk mendapatkan detail audio maksimal dari musik favorit Anda.

Tablet ini enak dipakai bekerja, bahkan sambil multitasking sekalipun berkat chipset-nya yang bisa diandalkan. Storage-nya pun cukup besar di levelnya sebagai tablet entry-level. Anda bisa instal segudang aplikasi tanpa khawatir storage penuh seketika.

Chipset HUAWEI Kirin 710A
Prosesor Octa-core (4 x 2.0 GHz Cortex-A73 & 4 x 1.7 GHz Cortex-A53)
RAM 3 GB
Storage 64 GB
Kapasitas baterai 5100 mAh
Aksesori bawaan Flipcover
Ukuran layar 10,1 inci
Kisaran harga Rp2.599.000

8. Alldocube M5X Pro

Sumber: Tokopedia.com

Produk dari Tiongkok yang layak dilirik

Barangkali Anda baru pertama kali mendengar brand satu ini. Tetapi, Alldocube lewat varian M5X Pro-nya terlihat cukup kompeten dalam memproduksi tablet. Tidak main-main, tablet ini mengimplementasikan chipset berbasis prosesor sepuluh core. Multitasking ringan mestinya tidak akan menjadi masalah besar untuk tablet ini.

Sebagai tablet entry-level seharga dua jutaan, Alldocube memberikan storage yang sangat lega. RAM-nya pun sudah 4 GB sehingga performanya cukup kencang untuk pemakaian reguler.

Sayangnya, desain M5X Pro terkesan outdated karena bezel-nya tebal dan tidak simetris. Hal ini menimbulkan kesan seolah layarnya kecil, yang padahal sebenarnya cukup besar yakni 10,1 inci.

Chipset MediaTek Helio X27
Prosesor Deca-core (2 x 2.6 GHz ARM Cortex A72 + 4 x 2.0 GHz ARM Cortex A53 + 4 x 1.6 GHz ARM Cortex A53)
RAM 4 GB
Storage 128 GB
Kapasitas baterai 6600 mAh
Aksesori bawaan Tidak disebutkan
Ukuran layar 10,1 inci
Kisaran harga Rp2.799.000

9. Huawei MediaPad T8

Sumber: Shopee.co.id

Dibekali aplikasi Kids Corner untuk membatasi akses anak-anak

Ini dia satu lagi tablet murah meriah yang cocok Anda belikan kepada buah hati. Huawei Matepad T8 punya ukuran layar minimalis yang pas di tangan anak-anak. Terdapat pula aplikasi Kids Corner yang membatasi akses anak Anda, sambil tetap memberikan pengalaman menyenangkan dan edukatif baginya.

Anda tidak perlu takut tablet mudah rusak oleh anak-anak berkat material metal dan build quality-nya yang bagus. Di sisi lain, ukuran minimalis tablet Huawei ini juga membuatnya cocok dipakai pengguna dewasa, misalnya untuk membaca buku elektronik.

Chipset MediaTek MT8768
Prosesor Octa-core (4 x 2.0 GHz Cortex A53 & 4 x 1.50 GHz Cortex A53)
RAM 2 GB
Storage 32 GB
Kapasitas baterai 5100 mAh
Aksesori bawaan Tidak disebutkan
Ukuran layar 8 inci
Kisaran harga Rp1.649.000

10. Samsung Galaxy Tab S7 Plus

Sumber: Samsung.com

Tablet fenomenal Samsung dengan performa nomor satu

Kita tiba pada produk pemungkas pada daftar rekomendasi kami kali ini. Samsung Galaxy Tab S7 Plus adalah tablet fenomenal yang mumpuni untuk segala macam jenis pemakaian. Baik itu bekerja, gaming, desain, hiburan, semua bisa dilakukan di sini dalam performa yang paling baik.

Kapabilitas ini tercermin dari harganya yang terbilang cukup tinggi. Jika Anda jenis konsumer yang tidak keberatan merogoh kocek dalam demi mendapat performa nomor satu, rasanya Anda mustahil kecewa dengan tablet besutan Samsung berikut ini.

Chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus
Prosesor Octa-core (1×3.09 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585)
RAM 8 GB
Storage 256 GB
Kapasitas baterai 10090 mAh
Aksesori bawaan S-Pen
Ukuran layar 12,4 inci
Kisaran harga Rp16.999.000

Tabel Perbandingan Tablet Android

Yuk, cek rekomendasi tablet dan aksesori tablet dari PickyBest lainnya!

  • 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik

Kesimpulan

Dari sepuluh rekomendasi produk kami, adakah yang menarik perhatian Anda? Memilih tablet Android memang cukup tricky karena perlu mempertimbangkan aspek-aspek seperti subkomponen chipset, kapasitas storage, ukuran layar, daya tahan baterai, juga aksesori tambahannya.

Jika Anda belum berpengalaman dengan tablet, kami sarankan pilih tablet pada kelas menengah. Di kelas tersebut, Anda mendapatkan tablet yang mumpuni untuk beragam tugas, namun harganya relatif ramah kantong. Mudah-mudahan Anda berhasil temukan tablet Android terbaik Anda, ya!

Sanofi IA x PickyBest
Referensi

What is a SoC, aka System On a Chip?
https://www.ubergizmo.com/what-is/system-on-a-chip/ diakses pada 12 Januari 2021

Know About Processors used in Smartphones & Tablet’s
https://technofission.com/know-about-processors-used-in-smartphones-tablets/ diakses pada 12 Januari 2021

Evaluating Tablet PCs Based on Processors
https://www.lifewire.com/guide-to-tablet-processors-832330 diakses pada 12 Januari 2021

What is Processor Speed and Why Does It Matter?
https://store.hp.com/us/en/tech-takes/what-is-processor-speed diakses pada 12 Januari 2021

How much RAM is needed for an Android phone or tablet
https://www.chromecomputing.com/how-much-ram-is-needed-for-an-android-tablet/ diakses pada 12 Januari 2021

How much storage space do you need for an Android Tablet?
https://www.chromecomputing.com/how-much-storage-space-do-you-need-for-an-android-tablet/ diakses pada 12 Januari 2021

What display to look for when buying an Android Tablet
https://www.chromecomputing.com/what-display-to-look-for-when-buying-an-android-tablet/ diakses pada 12 Januari 2021

Tablet buying guide: everything to know before you buy a tablet
https://www.digitaltrends.com/mobile/how-to-pick-a-tablet/ diakses pada 12 Januari 2021

In Pictures: 12 tablet accessories that let you ditch your laptop
https://www.arnnet.com.au/slideshow/543456/pictures-12-tablet-accessories-let-ditch-your-laptop/ diakses pada 12 Januari 2021

Originally posted 2021-12-24 10:49:48.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *