Tisu basah sangat berguna untuk membersihkan tangan dan wajah, serta untuk membersihkan kulit bayi dari kotoran, terutama saat bepergian. Tisu basah juga kerap digunakan untuk membersihkan permukaan benda-benda yang sering kita pegang agar terhindar dari penyebaran kuman, bakteri, atau virus. Namun, ada perbedaan antara tisu basah untuk kulit dan permukaan benda berdasarkan kandungannya.

Jangan sampai kulit Anda atau si kecil teriritasi akibat penggunaan tisu basah yang salah. Untuk itu, kami akan memberikan informasi seputar cara memilih tisu basah yang tepat untuk Anda. Kami pun akan memberi sepuluh rekomendasi produk terbaik yang ada di pasaran seperti Dettol, Saniter, Mitu, dan lainnya. Simak, ya!

Cara Memilih Tisu Basah Antiseptik & Antibakteri

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih tisu basah. Sesuai dengan tujuan penggunaannya, Anda dapat memilih tisu basah berdasarkan kandungan, bentuk kemasan, label pengujian laboratorium, bahan pelengkap, dan juga aspek regulasi.

Pilih Berdasarkan Kandungan Alkohol dan Tujuan Penggunaannya

Sebagian tisu basah mengandung alkohol dan sebagian lagi mengklaim bebas alkohol. Apakah perbedaannya? Manakah yang lebih baik? Ada atau tidaknya kandungan alkohol di dalam tisu basah tentunya memiliki fungsi dan tujuan tersendiri. Simak penjelasannya berikut ini.

Pilih yang Mengandung Alkohol untuk Membersihkan Permukaan

Tisu basah yang mengandung alkohol disebut juga dengan tisu disinfektan. Tisu ini mengandung alkohol dan bahan aditif lain yang cukup kuat untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus yang terdapat pada permukaan yang sering disentuh. Contohnya seperti gagang pintu, peralatan elektronik rumah, barang-barang tempat kerja, kantor, dapur, toilet, dan lain-lain.

Jika Anda ingin membersihkan sekaligus membunuh kuman-kuman penyebab penyakit dari permukaan benda, pilihlah tisu disinfektan yang mengandung setidaknya 60% alkohol berdasarkan volume (Etanol atau IPA). Kadar alkohol tersebut sesuai dengan yang direkomendasikan oleh WHO dan CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit).

Meski volume alkoholnya relatif aman untuk sel-sel kulit manusia, namun Anda perlu hati-hati saat menggunakannya. Jangan sampai tisu disinfektan ini mengenai mata atau mulut Anda. Dan jauhkan produk ini dari jangkauan anak-anak.

Pilih yang Bebas Alkohol untuk Penggunaan Kulit Tangan dan Muka

Tisu basah yang lebih aman untuk kulit tangan dan wajah adalah tisu basah bebas alkohol atau sering disebut natural wipes. Tisu ini dapat dipakai untuk perawatan pribadi seperti pembersihan kulit atau untuk membersihkan riasan.

Karena tidak mengandung alkohol, tisu ini kurang efektif untuk membersihkan permukaan benda. Bahan aktif tisu basah ini hanya bisa menghambat pertumbuhan kuman, bukan membunuhnya. Bahan aktif tisu basah ini adalah deterjen atau bahan pembersih lain yang cocok untuk digunakan pada kulit, seperti surfaktan.

Biasanya, tisu basah yang aman untuk kulit bayi adalah tisu dengan formulasi 0,3% hingga 1% surfaktan. Sedangkan untuk produk bayi kemasan botol seperti sabun dan sampo bayi memiliki konsentrasi surfaktan antara 5% hingga 20%.

Pilih Tisu Berbasis Air Untuk Anak-Anak atau Balita

Tisu basah berikutnya adalah tisu berbasis air, umumnya dirancang agar cocok untuk kulit bayi. Diformulasikan dengan persentase air yang sangat besar dan hipoalergenik agar aman, lembut, dan efektif membersihkan kulit bayi yang sensitif.

Tisu jenis ini tidak mengandung bahan kimia pembersih yang kuat, oleh sebab itu tisu ini kurang bisa mendisinfeksi permukaan benda yang sering disentuh. Meskipun begitu, tisu bayi juga ada yang mengandung surfaktan (deterjen atau pembersih) yang sangat ringan dan aditif lain untuk pembersihan yang lebih baik dan tetap dapat mempertahankan kelembapan kulit bayi.

Pilih Berdasarkan Bentuk Kemasannya

Tisu basah dikemas dalam bentuk kemasan yang beragam. Di antaranya menggunakan kemasan yang praktis, kemasan kaleng atau tabung, dan kemasan sachet. Manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Simak uraiannya berikut ini.

Kemasan Kantong atau Flat Pack dengan Segel Penutup, Cocok Digunakan saat di Luar Rumah

Kemasan tisu basah ini umumnya didesain khusus untuk kenyamanan perjalanan saat Anda sedang di luar rumah. Biasa dipakai untuk membersihkan tangan, kosmetik, lap tubuh atau wajah, alat pembersih elektronik atau alat olahraga, dan lain-lain.

Supaya kelembapannya tetap terjaga, kemasannya memiliki lubang kecil yang bisa dibuka-tutup. Beberapa di antaranya berupa segel open-close, segel klik, atau bukaan flip top. Tersedia pilihan ukuran kantong dengan isi 5-20 lembar yang praktis, sampai kemasan besar dengan isi 50 lembar atau lebih.

Kemasan Kaleng atau Tabung untuk Kebutuhan yang Lebih Besar di Rumah atau Kantor

Untuk kebutuhan tisu basah di rumah atau kantor, Anda dapat memilih kemasan kaleng atau tabung dengan tutup tarik. Ada juga yang dikemas dalam tabung dengan tutup terbuka, seperti tisu bayi, untuk memudahkan akses saat pengambilan.

Tisu ini biasanya memiliki isi yang lebih banyak supaya lebih ekonomis. Biasanya terdiri atas 90 lembar atau lebih. Ada juga yang isi 1200 lembar untuk kebutuhan industri, dan biasanya dapat diisi ulang lagi.

Namun, tisu yang dapat diisi ulang rentan terkontaminasi. Begitu juga dengan tisu yang digulung dalam tabung, tisu rentan cepat kering dan rentan terjadi peningkatan pertumbuhan mikroba. Seperti tisu bayi dengan bukaan lebar, akan memungkinkan masuknya jari kotor dan mikroba dari udara.

Kemasan Sachet Individu, Jika Ingin yang Higienis dan Tahan Lama

Tisu basah dalam kemasan sachet individu biasanya merupakan produk premium. Dikemas khusus supaya daya serap atau kesegarannya bertahan lama, tisu ini lebih higienis, tidak mudah kehilangan kelembapannya, dan tidak akan mengundang mikroorganisme masuk setelah dikemas.

Sayangnya, tisu ini relatif mahal dan tidak cocok untuk disimpan sebagai stok. Bila Anda ingin memasok tisu ini, Anda dapat memilih kemasan atau paket yang lebih besar.

Pilih yang Sudah Teruji Laboratorium supaya Lebih Aman

Tisu disinfektan untuk permukaan dan tisu antiseptik untuk kulit tentunya memiliki kandungan yang berbeda. Maka, pengujian produknya juga berbeda. Umumnya ada dua macam pengujian, yakni uji mikrobiologi dan uji dermatologis. Di bawah ini kami akan menjelaskan perbedaannya.

Uji Mikrobiologi, untuk Menunjukkan Keefektifannya dalam Membasmi Bakteri, Kuman, Virus, dan Sebagainya

Agar tisu antiseptik aman dan efektif untuk membersihkan dan membunuh kuman, harus dipastikan bahwa produk telah mengikuti standar kualitas mikrobiologis tertentu sebelum didistribusikan. Untuk itu, perlu adanya pengujian mikrobiologi, yakni analisis khusus untuk memastikan bahwa produk tidak mengandung mikroba berbahaya setelah pembuatan dan juga untuk mengontrol pertumbuhan mikroba yang masuk selama penggunaan.

Hal ini dilakukan dengan metode inokulasi atau menambahkan mikroorganisme ke dalam tisu dan menyimpannya dalam kondisi yang sesuai untuk jangka waktu yang diinginkan. Ada juga yang dengan menambahkan alkohol dan surfaktan untuk melihat keefektifannya dalam membunuh kuman.

Agar tidak salah dalam memilih tisu basah, Anda perlu memperhatikan apakah label uji mikrobiologi tercantum pada kemasan. Sebab, beberapa tisu antibakteri umumnya hanya efektif dalam membunuh bakteri saja, tidak termasuk virus, jamur, dan lain-lain.

Uji Dermatologis, untuk Menunjukkan Tingkat Keamanannya pada Kulit

Beberapa tisu basah antiseptik juga dapat digunakan untuk membersihkan tangan dan wajah. Namun, Anda perlu waspada dalam memilih produk agar terhindar dari reaksi alergi, iritasi kulit atau mata. Maka, penting untuk melihat adanya label yang menyatakan bahwa produk tersebut cocok untuk kulit, atau bahkan lebih baik telah diuji secara dermatologis.

Uji dermatologis ini dimaksudkan untuk memastikan apakah bahan yang terkandung aman untuk kulit dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit, mata, dan sebagainya. Metode yang umum dilakukan adalah menilai tolerabilitas tisu pada tes subjek manusia dengan berbagai variasi jenis kulit, contohnya pengujian untuk kulit sensitif.

Pilih yang Mengandung Bahan Pelembap supaya Tidak Bikin Kulit Kering

Umumnya, tisu antiseptik dan antibakteri diperkaya dengan pelembap, terutama tisu khusus untuk wajah atau bayi. Tujuannya untuk meminimalisir gesekan pada kulit, melembapkan kulit, mengurangi efek kulit tidak kering akibat kandungan alkohol dan deterjen yang terdapat pada produk.

Pelembap merupakan tambahan untuk melengkapi dan meningkatkan estetika produk. Bahan-bahan pelembap yang ditambahkan ke dalam produk adalah berbagai vitamin dan tumbuhan, seperti turunan vitamin E, aloe vera, atau chamomile.

Jika Perlu, Hindari yang Mengandung Parfum untuk Kesehatan

Aroma dan wewangian tambahan dapat membuat produk tampak lebih efektif dan sehat. Sayangnya, wewangian tambahan tidak 100% aman. Beberapa bahan untuk membuat wewangian atau parfum biasanya diklasifikasikan sebagai alergen, pengganggu hormon, pemicu asma, neurotoksin, dan karsinogen.

Meskipun tisu basah diberi label “natural fragrance” atau “unscented“, tidak menjamin produk tersebut lebih sehat. Jadi, usahakan pilih yang berlabel bebas pewangi atau cobalah lakukan tes dahulu sebelum menggunakan.

Penting Juga untuk Mempertimbangkan Aspek Regulasi seperti Label Halal atau Izin Kemenkes RI

Tisu basah antiseptik dan antibakteri umumnya memiliki persyaratan regulasi yang berbeda berdasarkan aplikasi dan klaimnya. Biasanya, kendali regulasi tersebut diatur berdasarkan negara tempat penjualannya. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan apakah produk tersebut sudah memiliki izin dari kementerian kesehatan RI dan sertifikasi halal yang terdapat pada label kemasan.

10 Rekomendasi Tisu Basah Antiseptik & Antibakteri Terbaik

Setelah memahami poin-poin penting dalam memilih tisu basah, sekarang saatnya memilih produk yang paling cocok untuk Anda. Seperti yang telah disebutkan di atas, kami akan merekomendasikan sepuluh merek tisu basah terbaik untuk Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Selamat menentukan pilihan!

1. Dettol Anti Bakteri Wet Wipes Original

Sumber: Dettol.co.id

Praktis dan ampuh 10x melindungi Anda dan keluarga dari kuman

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan Dettol, merek produk kesehatan berkualitas yang ampuh membersihkan dan membunuh kuman. Salah satunya adalah produk tisu basah Anti Bakteri Wet Wipes Original ini.

Berbahan lembut, tebal, dan tidak mengandung alkohol, produk ini cocok digunakan pada wajah, leher, dan tangan. Selalu sediakan tisu basah Dettol saat melakukan aktivitas di mana saja untuk menjaga Anda dan keluarga dari kuman.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Aromanya segar, seperti aroma cemara.
  • Bahannya lembut dan tebal.
  • Kemasannya praktis dibawa bepergian, saat aktivitas olahraga, atau camping.
  • Bisa digunakan untuk membersihkan permukaan benda dan kulit.
  • Teruji secara dermatologis, tidak menyebabkan kulit kering atau iritasi.
  • Bebas alkohol, jadi bisa diaplikasikan untuk membersihkan kulit wajah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Daya serapnya agak kurang, dan teksturnya cenderung ketebalan bagi sebagian pengguna.
Kegunaan Untuk kulit (tangan, wajah, atau leher) dan permukaan
Mengandung alkohol Tidak
Uji laboratorium Uji dermatologis dan uji mikrobiologi (e.coli, s.aureus, p.aeruginosa, e.hirae)
Bahan aktif Benzalkonium chloride (0.2%)
Bahan pelembap Tidak disebutkan
Bebas parfum Tidak
Regulasi Kemenkes RI
Bentuk kemasan Kemasan kantong dengan segel buka tutup
Isi 10 dan 50 lembar
Kisaran harga Rp7.800 – Rp35.100

2. Saniter Personal Wipes Sanitizer

Sumber: Saniter.co.id

Murah namun efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus dalam 30 detik

Tisu basah yang satu ini berisi 50 lembar dan dijual dengan harga yang murah namun tetap berkualitas. Tak hanya ampuh menjaga kebersihan dan kesehatan Anda, produk ini juga memiliki aroma yang menyegarkan.

Dengan double formula yang mengandung antiseptik dan antibakteri, tisu ini telah teruji secara klinis efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus dengan cepat.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Isinya banyak dan harganya sangat murah.
  • Mengandung dua bahan antiseptik dan disinfektan yang ampuh bunuh kuman lebih cepat.
  • Teruji klinis dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit.
  • Aromanya menyegarkan.
  • Dapat digunakan baik di rumah atau saat bepergian.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya untuk sanitasi tangan, belum food grade.
Kegunaan Untuk kulit tangan
Mengandung alkohol Tidak
Uji laboratorium Uji mikrobiologi (e.coli, s.aureus, p.aeruginosa, a.brasiliensis)
Bahan aktif Benzalkonium chloride (0.05%) dan didecyldimonium chloride (0.043%)
Bahan pelembap Tidak ada
Bebas parfum Tidak
Regulasi Kemenkes RI
Bentuk kemasan Kemasan kantong dengan segel buka tutup
Isi 50 lembar
Kisaran harga Rp13.200

3. One Wipe Tissue Disinfektan OneMed

Sumber: Onemedstore.id

Membersihkan permukaan barang dengan kandungan alkohol 70%

Produk ini merupakan tisu disinfektan yang mengandung 70% ethyl alkohol serta mampu membunuh bakteri 99,9%. One Wipe Tissue Disinfektan OneMed ini dapat digunakan untuk kepentingan medis, terutama untuk membersihkan permukaan barang seperti termometer, stetoskop, troli pasien, dan sebagainya.

Tak hanya bisa digunakan untuk medis, tisu ini pun bisa digunakan sehari-hari untuk membersihkan peralatan di rumah Anda. Saat Anda bepergian dan ingin praktis, tisu ini dapat Anda bawa secara satuan terpisah. Saat di rumah, Anda dapat menggunakan kemasan kotaknya.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Lebih ampuh bunuh bakteri di permukaan alat atau barang.
  • Sudah mengandung alkohol, sehingga tidak perlu disinfektan tambahan.
  • Produk lokal, bisa dibeli secara eceran, dan harganya lumayan murah.
  • Bisa untuk keperluan consumer dan medical.
  • Kemasannya praktis dan efisien, bisa disesuaikan kebutuhan jika bepergian.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kurang ekonomis jika digunakan untuk keperluan yang banyak.
Kegunaan Untuk permukaan alat atau barang
Mengandung alkohol Iya
Uji laboratorium Tidak ada uji laboratorium
Bahan aktif Ethyl alcohol (70%)
Bahan pelembap Tidak ada
Bebas parfum Iya
Regulasi Kemenkes RI
Bentuk kemasan Kemasan sachet individual
Isi 1×10 dan 1×50 lembar
Kisaran harga Rp10.500 – Rp35.000

4. Pigeon Wipes Anti Bacterial

Sumber: Pigeon.co.id

Efektif membunuh kuman pada kulit sensitif dan peralatan makan

Bila Anda memiliki bayi, tentunya Anda membutuhkan tisu basah yang aman untuk kulit bayi yang sangat lembut dan sensitif. Pigeon Wipes Antibacterial diformulasikan khusus agar aman untuk kulit bayi hingga orang dewasa.

Telah lulus tes uji mikrobiologi, tisu ini juga ampuh membasmi kuman pada peralatan makan, teethers, dan dot bayi.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Aman digunakan untuk membersihkan kulit atau peralatan makanan dan mainan anak.
  • Lembut dan tidak bikin iritasi, jadi bisa bikin bayi merasa nyaman.
  • Sangat membantu saat di perjalanan atau saat bepergian di luar rumah.
  • Tidak mengandung fragrance, namun aromanya enak, lembut, dan segar.
  • Ada yang kemasan isi 20 lembar, sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana.
  • Termasuk produk food grade dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya saat tidak sengaja tertelan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Daya serapnya kurang dan gampang kering. Terutama karena segel perekatnya sering tidak lengket (apalagi saat isinya tinggal setengah).
Kegunaan Untuk permukaan alat makan atau minum anak
Mengandung alkohol Iya
Uji laboratorium Uji mikrobiologi
Bahan aktif Alkohol
Bahan pelembap Tidak ada
Bebas parfum Iya
Regulasi Japan food sanitation law dan FCC international standard
Bentuk kemasan Kemasan kantong dengan segel buka tutup
Isi 20 dan 60 lembar
Kisaran harga Rp21.500 – Rp39.400

5. Softies Anti Bacterial

Sumber: Softexindonesia.com

Membersihkan tangan dan wajah secara efektif tanpa iritasi

Sebagai tisu antibakteri dan antiseptik, Softies mengandung formula khusus untuk membunuh kuman secara efektif. Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan tangan dan wajah sesering mungkin tanpa khawatir kulit Anda akan menjadi kering atau iritasi. Dengan kemasan yang ringkas, tisu ini praktis bisa dimasukkan ke dalam saku atau tas Anda.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ukurannya pas dimasukkan dalam sling bag, praktis, dan bisa dibawa kemana-mana.
  • Bisa untuk membersihkan tangan, wajah, dan untuk membersihkan permukaan benda saat berada di tempat umum.
  • Wanginya segar dan tidak menyengat sama sekali.
  • Lembut di tangan, terasa bersih, dan tidak bikin kulit kering.
  • Tekstur tisunya tebal dan tidak mudah sobek.
  • Bersertifikasi halal MUI.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Ada kemungkinan menimbulkan rasa kesemutan (cekit-cekit) saat diaplikasikan di wajah, namun cuma sedikit.
Kegunaan Untuk kulit (tangan atau wajah) dan peralatan makanan
Mengandung alkohol Tidak
Uji laboratorium Uji mikrobiologi (e.coli, s.aureus, p.aeruginosa, e.hirae, c.albicans)
Bahan aktif Benzalkonium chloride (0.1%) dibuat dari coconut oil
Bahan pelembap Tidak ada
Bebas parfum Tidak
Regulasi Halal MUI dan kemenkes RI
Bentuk kemasan Kemasan kantong dengan segel buka tutup
Isi 20 lembar
Kisaran harga Rp12.000

6. PASEO MediShield Hand Sanitizing Wipes

Sumber: Paseo.co.id

Mengandung alkohol 70% untuk mencegah penularan virus

Untuk mencegah penularan virus, Anda perlu membersihkan tangan dengan antiseptik yang mengandung alkohol 70% setelah bersentuhan dengan benda di sekitar Anda. Seperti tisu basah antiseptik PASEO MediShield Hand Sanitizing Wipes ini.

Tisu ini efektif membunuh virus, bakteri, dan kuman dengan kandungan alkohol 70%. Mengandung jojoba oil yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan bebas iritasi, tisu ini akan membuat tangan Anda pun menjadi lebih bersih, higienis, segar, dan tidak lengket.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mengandung tiga bahan aktif yang dapat membantu membunuh kuman, virus, dan bakteri di tangan secara efektif.
  • Kemasannya praktis, ekonomis, dan mudah dibawa ke mana saja.
  • Bisa untuk pengganti hand sanitizer, selain itu juga tidak mudah tumpah.
  • Wanginya sangat enak dan lembut di tangan, ada kandungan minyak jojoba-nya untuk melembapkan.
  • Aman digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Aromanya agak menyengat saat pertama kali dibuka.
Kegunaan Untuk kulit tangan
Mengandung alkohol Iya
Uji laboratorium Uji mikrobiologi (s.aureus, p.aeruginosa, b.subtillis, e.coli, s.typii, c.albicans, a.brasiliensis)
Bahan aktif Alkohol (70%), benzalkonium chloride, dan polyhexamethylene biguanide
Bahan pelembap Jojoba ester
Bebas parfum Tidak
Regulasi Kemenkes RI
Bentuk kemasan Kemasan sachet individual
Isi 1×10 lembar
Kisaran harga Rp9.800

7. Mitu Baby Antiseptic Wipes

Sumber: Mitubabycare.com

Mengandung tea tree oil sebagai antiseptik alami, aman untuk bayi

Anda membutuhkan tisu pembersih kuman agar bayi Anda selalu bersih dan terhindar dari penyakit, sekaligus untuk mensterilkan peralatan makan mereka? Gunakan Mitu Baby Antiseptic Wipes yang mampu bersihkan 99,9% kuman tanpa alkohol.

Formulasinya aman untuk kulit bayi, karena mengandung tea tree oil sebagai antiseptik alami dan juga moisturizer, akan membuat kulit si kecil bebas kuman dan tetap lembut. Aman juga untuk peralatan makanan karena mengandung food grade formula.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mengandung antiseptik alami dan bebas alkohol, sehingga aman untuk anak bahkan newborn.
  • Termasuk produk food grade, bisa untuk membersihkan area mulut anak dan tidak bikin iritasi.
  • Dapat diandalkan untuk mensterilkan peralatan makan dan benda-benda yang sering dipegang anak.
  • Aromanya lembut, menyegarkan, dan tidak terlalu menyengat.
  • Isinya banyak, harganya terjangkau, dan mudah dibawa kemana saja.
  • Bersertifikat halal MUI.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Ketebalannya biasa dan aromanya kurang wangi menurut sebagian pengguna.
Kegunaan Untuk kulit dan permukaan (alat makan atau mainan bayi)
Mengandung alkohol Tidak
Uji laboratorium Uji hypoallergenic dan uji mikrobiologi (e.coli, p.aeruginosa, s.aureus, a.brasiliensis)
Bahan aktif Iscaguard (0.5%), sour lime extract (0.15%), dan tea tree oil (0.025%)
Bahan pelembap Humectant dan moisturize
Bebas parfum Tidak (food grade fragrance)
Regulasi Halal MUI dan kemenkes RI
Bentuk kemasan Kemasan kantong dengan segel buka tutup dan kemasan tabung dengan tutup tarik
Isi 50 dan 60 lembar
Kisaran harga Rp11.500 – Rp15.000

8. OneMed Aseptic Wipe Tissue Antiseptik

Sumber: Onemed.co.id

Tisu antiseptik sekaligus disinfektan untuk bunuh kuman

Mengandung antiseptik dengan kadar ethyl alcohol 70%, OneMed Aseptic Wipe Tissue Antiseptik ini juga berfungsi sebagai disinfektan yang mampu membunuh kuman dan bakteri dengan cepat.

Diperkaya dengan gliserin, aloe vera, dan pewangi, tisu basah ini akan membuat tangan Anda lembut dan tetap terjaga kelembapannya. Tentunya tangan Anda pun bebas dari kuman dan bakteri.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Formulanya lembut dan melembapkan.
  • Efektif untuk membunuh kuman dan bakteri di tangan.
  • Telah lulus uji laboratorium terhadap bakteri dan fungi.
  • Kemasannya praktis dan efisien, mudah dibawa dan disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Produk lokal, bisa dibeli secara eceran, dan harganya murah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kurang ekonomis jika digunakan untuk kebutuhan yang banyak.
Kegunaan Untuk kulit tangan
Mengandung alkohol Iya
Uji laboratorium Uji mikrobiologi (escherichia coli, staphylococcus aureus, salmonella typhimurium, bacillus subtilis, vibrio cholerae, dan aspergillus niger)
Bahan aktif Ethyl alcohol (70%)
Bahan pelembap Gliserin dan aloe vera
Bebas parfum Iya
Regulasi Halal MUI dan kemenkes RI
Bentuk kemasan Kemasan sachet individual
Isi 1×10 dan 1×50 lembar
Kisaran harga Rp10.500 – Rp35.000

9. Wetkins Antiseptic Wet Wipes

Sumber: Shopee.co.id

Membunuh bakteri dan jamur, aman untuk seluruh keluarga

Tisu basah yang satu ini mengandung antiseptik dan antibakteri untuk membunuh bakteri dan jamur penyebab penyakit. Wetkins Antiseptic Wet Wipes ini memiliki bahan bertekstur lembut dan tebal dengan pH yang seimbang.

Tak hanya untuk orang dewasa, bayi dan anak-anak pun aman menggunakan tisu basah ini karena tidak mengandung alkohol. Tersedia dalam beberapa pilihan kemasan, banyaknya lembar tisu bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Produk tidak menggunakan pewangi dan alkohol, jadi lebih aman untuk membersihkan peralatan makan.
  • Lembut dan tidak lengket di kulit, cocok untuk bayi dan anak-anak.
  • Tisunya tebal, cukup lebar, dan tidak mudah kering.
  • Harganya sangat bersahabat.
  • Lengkap, ada kemasan travel size ukuran kantong, ukuran jumbo, dan juga kemasan tabung dengan tutup tarik.
  • Praktis dan enak dibawa kemana-mana.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Untuk kemasan yang tabung agak sulit ditarik tisunya.
Kegunaan Untuk permukaan benda dan lantai
Mengandung alkohol Tidak
Uji laboratorium Tidak ada uji laboratorium
Bahan aktif Cetylpyridinium chloride (0.15%) dan polyhexamethylene biguanide (0.5%)
Bahan pelembap Aloe vera (0.075%)
Bebas parfum Iya
Regulasi Kemenkes RI, halal MUI, dan ISO 9001
Bentuk kemasan Kemasan kantong dengan segel buka tutup dan kemasan tabung dengan tutup tarik
Isi 10, 24, 50, dan 60 (botol) lembar
Kisaran harga Rp2.600 – Rp15.000

10. PASEO Antibacterial Cleansing Wipes

Sumber: Paseo.co.id

Kulit bebas dari kuman dan bakteri, kelembapannya tetap terjaga

Paseo dikenal sebagai merek tisu berkualitas yang berbahan lembut, tebal, dan tidak mudah sobek. Begitu pun dengan tisu basahnya, PASEO Antibacterial Cleansing Wipes. Selain berfungsi melindungi kulit dari kuman dan bakteri, tisu basah ini tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Dengan formula yang ringan dan diperkaya dengan ekstrak aloe vera, tisu basah  ini mampu mengangkat kotoran dan keringat di kulit wajah Anda sekaligus menjaga kelembapan dan kelembutannya.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Wanginya enak, soft, dan tidak menyengat.
  • Teksturnya tebal, lembut, dan tidak mudah sobek.
  • Kelembapannya baik dan tidak mudah kering.
  • Cukup tahan lama dengan daya serap yang tinggi.
  • Telah diuji laboratorium terhadap bakteri.
  • Harganya sangat terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Masih mengandung parfum (0.1%).
Kegunaan Untuk kulit (tangan, wajah, atau leher)
Mengandung alkohol Tidak
Uji laboratorium Uji mikrobiologi (s.aureus, p.aeruginosa, b.subtillis, e.coli, s.typii, c.albicans, a.niger)
Bahan aktif Polyhexamethylene biguanide (16.68%)
Bahan pelembap Aloe vera (0.25%)
Bebas parfum Tidak
Regulasi Halal MUI dan kemenkes RI
Bentuk kemasan Kemasan kantong dengan segel buka tutup
Isi 25 (beli 1 gratis 1) dan 50 lembar
Kisaran harga Rp7.650 – Rp10.000

Tabel Perbandingan Tisu Basah Antiseptik & Antibakteri

Kesimpulan

Tisu basah antiseptik dan antibakteri merupakan produk untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari kuman, bakteri, atau virus. Namun, tisu basah akan lebih tepat guna bila dipakai sesuai dengan kandungan dan fungsinya. Jika tidak, selain hasilnya tidak efektif membersihkan, efeknya bisa membuat alergi atau iritasi kulit.

Dari artikel ini, kami hari harap Anda mendapatkan informasi yang bermanfaat serta tisu basah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga tisu basah pilihan Anda mampu menjaga Anda dari serangan kuman, bakteri,  jamur, maupun virus!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *