Printer DTG terbaik sangat dibutuhkan bagi mereka yang menjalani usaha di bidang konveksi, khususnya dalam hal sablon kaos satuan. Dengan hasil sablon yang maksimal, tentu akan mendatangkan kepuasan dari sisi pelanggan, sehingga usaha yang dijalani akan terus berkembang.

Printer DTG sendiri memiliki mekanisme yang lebih canggih dibandingkan mesin cetak kaos konvensional yang masih mengandalkan tenaga manusia dalam pengoperasiannya. Berikut ini, kita akan membahas beberapa rekomendasi printer DTG yang siap mengoptimalkan usaha Anda:

Tips Memilih Printer DTG Terbaik untuk Usaha

Sebelum masuk ke pembahasan tentang rekomendasi merk printer DTG, sebaiknya Anda mengetahui beberapa tips dalam memilih mesin printer DTG untuk kelangsungan usaha Anda. Hal itu penting agar printer tersebut dapat difungsikan secara optimal.

Berikut adalah tips memilih printer DTG terbaik untuk usaha Anda:

1. Pilih Printer Sesuai Kapasitas Produksi

Tips yang pertama adalah memilih printer DTG yang sesuai dengan kapasitas produksi usaha Anda. Jangan dulu memilih printer dengan kapasitas produksi yang besar jika skala bisnis Anda belum bisa mengerjakannya. Hal itu justru akan membuat printer tidak berfungsi secara optimal.

Terlebih lagi, harga printer DTG dengan skala produksi yang besar terbilang cukup mahal. Tentu ini akan berpengaruh pada kondisi modal usaha yang Anda miliki. Pilihlah printer DTG sesuai kapasitas yang bisa Anda penuhi. Nantinya, Anda bisa melakukan upgrade seiring perkembangan usaha.

2. Pilih Printer Sesuai Jenis Kaos

Kenali spesifikasi printer yang akan Anda gunakan. Sebagian besar printer DTG memang cocok untuk mencetak desain pada jenis kaos berbahan katun. Akan tetapi, beberapa printer DTG tidak akan optimal jika mencetak sablon pada kaos atau jersey berbahan polyester.

Oleh karena itu, pilihlah printer yang memiliki spesifikasi sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Jika Anda tetap memaksa menggunakan printer DTG biasa untuk mengerjakan sablon pada kaos-kaos berbahan polyester, kualitasnya bisa jadi tidak akan bagus.

3. Beri Perawatan yang Sesuai

Tidak semua printer bisa diperlakukan sama dalam hal perawatannya. Untuk itu, Anda harus mengenali mesin printer yang Anda gunakan dan lakukan perawatan sesuai dengan anjuran dari pabrikan tempat printer tersebut diproduksi.

Informasi terkait perawatan printer biasanya akan disertakan dalam paket pembeliannya. Silakan pelajari terlebih dahulu informasi tersebut agar printer yang Anda gunakan bisa lebih awet.

4. Gunakan Tinta Khusus

Pastikan Anda menggunakan tinta resmi dari merk printer DTG yang Anda gunakan, sehingga kualitas cetakannya bisa lebih optimal. Jika hal itu tidak memungkinkan, cobalah untuk menggunakan tinta dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan versi resminya.

 Rekomendasi 10 Printer Murah untuk Mahasiswa, Tugas Cepat Beres

Rekomendasi Printer DTG Terbaik

Setelah mengetahui beberapa tips memilih printer DTG terbaik untuk usaha di atas, berikut ini kita akan langsung membahas merk printer DTG apa saja yang bisa menjadi pilihan paling tepat untuk dibeli. Berikut adalah rekomendasi printer DTG kualitas terbaik beserta harga jualnya:

1. Printer DTG Epson F2000

Printer DTG Epson F2000 RekomendasiMerk

Printer DTG Epson F2000

Ini merupakan printer DTG dengan kualitas kelas atas, yaitu Printer DTG Epson F2000. Tak tanggung-tanggung, harga jual produk baru dari printer ini mencapai Rp 250.000.000.

Printer DTG terbaik satu ini memiliki kecepatan produksi yang tinggi, yaitu 27 detik per item. Anda juga bisa menggunakannya untuk beberapa jenis kain, seperti berbagai jenis polyester maupun katun dengan resolusi maksimal 720 x 1440 (warna) dan 1440 x 1440 (hitam – putih).

Printer ini mampu menghasilkan warna, gambar, dan juga tulisan yang sangat bagus. Tentu hal ini dapat menunjang kelangsungan bisnis Anda. Dalam paket pembeliannya, Anda juga akan mendapatkan software Garment Creator untuk membantu proses pembuatan model untuk disablon.

Beberapa keunggulan lain dari Epson F2000 antara lain:

  • Papan cetak cukup luas, yaitu mencapai ukuran 16 x 20
  • Memiliki panel LCD warna di bagian depannya
  • Sangat irit tinta
  • Warna yang dihasilkan tajam
  • Hasil cetak sangat presisi berkata adanya Platten Height Detection secara otomatis
  • Mudah digunakan
Merk / Produk Harga Baru Harga Bekas
Printer DTG Epson F2000 Rp250.000.000 Rp125.000.000

2. EPSON SureColor SC-F6330

EPSON SureColor SC F6330 RekomendasiMerk

EPSON SureColor SC F6330

Rekomendasi printer DTG terbaik selanjutnya datang dari merk printer yang sudah sangat terkenal, yaitu Epson. Kali ini Epson menghadirkan printer DTG dengan seri SureColor SC-F6330. Printer ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha konveksi, khususnya jersey klub olahraga.

Printer yang memiliki kemampuan optimal pada kain berjenis polyester ini dapat diatur secara manual untuk kecepatan produksi dan juga jenisnya. Saat ingin mencetak desain HD dengan resolusi 720 x 1440 dpi, printer ini memiliki kecepatan 8,3 m/jam.

Dilihat dari kemampuannya yang cukup tinggi, harga jual printer ini juga cukup merogoh kocek. 1 unit Epson SureColor SC-F6330 dihargai Rp 100.000.000. – Rp 125.000.000. Printer yang layak untuk meningkatkan kualitas produk konveksi di tahun 2021 ini.

Merk / Produk Harga Baru Harga Bekas
RIECAT Tranz DX5 A3 Rp37.000.000 – Rp48.000.000

3. RIECAT Tranz DX5 A3

RIECAT Tranz DX 5 A3 RekomendasiMerk

RIECAT Tranz DX 5 A3

Di posisi berikutnya ada RIECAT Tranz DX5 A3, printer DTG yang memiliki ketahanan tinta dan ketajaman hasil cetak yang sangat baik. Printer ini juga dapat menghasilkan foto dengan resolusi tinggi mencapai 1440 x 1440 dpi.

Tidak hanya di situ saja, Tranz DX5 memiliki kecepatan produksi yang juga baik. Untuk 1 itemnya, printer ini hanya membutuhkan waktu 2 menit saja. Anda juga dapat menghubungkannya ke jaringan WiFi dan Hi-Speed USB. Printer ini dijual dengan harga sekitar Rp 37.000.000 – Rp 48.000.000.

Merk / Produk Harga Baru Harga Bekas
RIECAT Tranz DX5 A3 Rp37.000.000 – Rp48.000.000

4. BPJet A3 Super Printer DTG

BPJet A3 Super Printer DTG RekomendasiMerk

BPJet A3 Super Printer DTG

Dengan harga yang lebih murah dari rekomendasi sebelumnya, kali ini ada BPJet A3 Super Printer DTG yang bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 19.500.000 – Rp 26.000.000. Printer ini mampu melakukan produksi berkapasitas tinggi dengan biaya lebih hemat hingga 40%.

Printer ini merupakan salah satu printer DTG yang difavoritkan oleh banyak pengusaha konveksi. Pasalnya, alat ini memiliki kecepatan produksi mencapai 5 menit per unitnya. Kebutuhan daya listriknya juga tidak terlalu tinggi, hanya 36 watt saja sehingga listrik akan lebih hemat.

Merk / Produk Harga Baru Harga Bekas
BPJet A3 Super Printer DTG Rp19.500.000 – Rp26.000.000 Rp8.800.000 – Rp15.000.000

5. Insta Jet A3+

Insta Jet A3 RekomendasiMerk

Insta Jet A3 | Source: hobbyprint.co.id

Rekomendasi printer DTG terbaik terakhir yaitu Insta Jet A3+ yang menawarkan kemampuan sablon yang berkualitas. Printer ini dapat mencetak sablon dengan ukuran maksimal 32 cm x 48 cm pada kaos dengan warna dasar putih atau warna-warna muda lainnya.

Hasil cetakannya cukup cerah dengan konsentrasi warna yang merata di setiap sisinya. Sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki usaha konveksi, terutama kaos berbahan dasar katun. Untuk membelinya, Anda harus menyiapkan modal sekitar Rp 10 juta – 24 juta.

Jumlah itu belum termasuk tinta, mesin press, dan juga perlengkapan lainnya. Jika Anda mencari harga bekasnya, mungkin jumlah tersebut sudah lengkap dengan komponen-komponen lainnya.

Merk / Produk Harga Baru Harga Bekas
Insta Jet A3+ Rp10.000.000 – Rp24.000.000

Dengan memilih printer DTG terbaik yang ada di atas untuk kelangsungan usaha Anda, tentu dampaknya akan terasa juga pada perkembangan bisnis kedepannya. Hal itu karena kepuasan pelanggan akan kualitas hasil sablon adalah kunci dari bisnis di bidang konveksi pakaian.


Elektronik

Tagged in:

Printer Dtg BPJet, Printer Dtg Epson, Printer Dtg Insta Jet, Printer Dtg Riecat a3 Super, Printer Dtg Terbaik